Lakukan 7 Hal Ini Agar Terhindar dari Keuangan Buruk

redaksi.co.id - Lakukan 7 Hal Ini Agar Terhindar dari Keuangan Buruk Mulai siapkan tujuh hal yang bisa menghindarkan keuangan pribadi dari masa paceklik. Ketika musim paceklik...

41 0

redaksi.co.id – Lakukan 7 Hal Ini Agar Terhindar dari Keuangan Buruk

Mulai siapkan tujuh hal yang bisa menghindarkan keuangan pribadi dari masa paceklik. Ketika musim paceklik datang melanda, tentu memiliki uang yang banyak saja tentu tidak cukup jika diikuti dengan pengelolaan keuangan yang salah, sehingga risiko kekurangan uang tidak akan terelakkan.

Ditambah lagi dengan penghasilan yang sangat pas pasan, itu membuat keuangan kita semakin berbahaya.

Karena itu pada saat situasi seperti itu semua orang harus pandai pandai mengatur keuangan. Lebih berhati-hati untuk mengeluarkan uang. Untuk itu harus memperhatikan pengeluaran, apakah pengeluaran sudah sesuai kebutuhan atau belum.

Ada beberapa tips untuk menghindari keuangan buruk pada masa paceklik

1. Mengelola Keuangan

Sebelum krisis perekonomian terjadi alangkah baiknya kita mengelola keuangan dengan baik, sehingga pada saat krisis melanda, tidak ada kebingungan dalam menghadapi masa tersebut karena sudah di persiapkan jauh hari sebelumnya.

Jadi biasakan mengatur keuangan sebaik mungkin dari sekarang untuk mengatasi masalah yang tidak terduga, seperti menyiapkan uang bulanan dan usahakan agar Anda tidak menggunakan uang yang sudah di sisihkan. Hindari pembelian barang yang tidak begitu diinginkan, dan lakukan hal tersebut dengan sangat disiplin.

2. Rajin Menabung

Menabung merupakan suatu tindakan untuk menimbun sebagian hasil pendapatan untuk berjaga-jaga bila ada kejadian yang sangat mendesak untuk mengeluarkan uang, sehingga tidak mengganggu uang lain yang sudah memiliki kepentingan sendiri.

Keuangan akan tetap stabil, dan Anda akan merasa lebih tenang dan siap untuk menghadapi masa masa sulit uang.

3. Buatlah Pembukuan

Selalu mencatat pengeluaran dan pendapatan Anda supaya lebih mengetahui kemana saja uang yang telah di belanjakan. Tidak hanya itu, Anda juga mengetahui apakah uang Anda sudah sesuai dengan perincian yang Anda buat, sehingga semua tetap aman.

4. Merawat Barang

Merawat barang adalah salah satu cara untuk berhemat, apa lagi barang yang memiliki biaya perbaikan cukup mahal, seperti kendaraan bermotor, laptop, handphone, serta barang barang lain yang berada pada rumah. Jika dapat merawat barang dengan benar, maka kita tidak perlu lagi membeli barang-barang yang baru.

5. Bayar Utang Tepat Waktu

Jangan pernah meremehkan utang Anda kepada bank, karena bunga dari bank bisa membuat Anda menjadi lebih kesulitan dalam mengatur keuangan. Anda harus tepat waktu untuk membayar hutang, sebelum bunga dari hutang tersebut merepotkan kehidupan.

Jika hal tersebut terjadi maka Anda akan merasa kesulitan untuk menghadapi masa-masa sulit pada masa paceklik. Untuk itu berhati-hatilah jika berhutang, dan kalau bisa jangan sampai bermain dengan hutang.

6. Jaga Kesehatan

Selain menjaga barang yang telah di miliki, Anda juga harus menjaga kesehatan diri Anda, sebab kesehatan merupakan aset yang sangat penting dan tidak ternilai harganya. Selain mengeluarkan biaya pengobatan yang mahal, Anda juga tidak mendapatkan pemasukan karena kondisi yang tidak mampu untuk beraktivitas.

Hal tersebut merupakan sebuah kerugian besar yang di alami bila menghadapi situasi krisis ekonomi tersebut. Selain merawat kesehatan pribadi perhatikanlah juga baik-baik kesehatan keluarga anda. Bukan berarti kita sebagai golongan menengah ke bawah tidak boleh sakit, tetapi alangkah baiknya jika kita tetap sehat.

7. Memiliki Tabungan Likuid

Terakhir, Anda harus memiliki tabungan likuid untuk berjaga-jaga bila Anda berada dalam kondisi mendesak. Sebenarnya tabungan likuid merupakan tabungan berjangka pendek yang berfungsi untuk mempermudah belanja pada saat ini, dan tentunya harus memiliki tabungan likuid yang kualitasnya tinggi, sehingga bisa berguna bagi mengatasi krisis keuangan di masa paceklik.

Itulah pentingnya menabung bagi kita. Tidak ada salahnya jika menabung mulai dari sekarang, maka dari itu lebih giat lah untuk menabung.

Lakukan Hal di Atas Mulai Sekarang

Itulah tadi tujuh hal yang mampu menghindarkan keuangan pribadi di masa paceklik sehingga Anda dapat mengantisipasi keadaan tersebut. Anda tidak akan kebingungan jika terjadi masalah seperti itu, karena semua itu bisa dilakukan mulai dari sekarang, sehingga pada waktunya tiba kita sudah siap untuk menghadapi masalah krisis keuangan.

Satu hal yang paling penting agar tidak bingung jika uang sudah habis di masa paceklik, yaitu mulai membiasakan diri menggunakan barang atau makan sederhana. Tidak perlu mewah atau makan makanan enak jika kita tidak mempunyai uang lebih, serta jangan boros dalam menggunakan uang. (Ahm/Ndw)

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!