Temuan Jamur Ini Bikin Peneliti Cemas, Bisa Membunuh Amfibi

redaksi.co.id - Temuan Jamur Ini Bikin Peneliti Cemas, Bisa Membunuh Amfibi , Ghent - Namanya Batrachochytrium salamandrivorans , yang artinya pemakan salamander. Jamur ini merupakan...

17 0

redaksi.co.id – Temuan Jamur Ini Bikin Peneliti Cemas, Bisa Membunuh Amfibi

, Ghent – Namanya Batrachochytrium salamandrivorans , yang artinya pemakan salamander. Jamur ini merupakan jenis yang berbeda dengan Batrachochytrium dendrobatidis (Bd), yang mengancam lebih dari 200 spesies reptil di seluruh dunia. “Jamur jenis ini menyebabkan kematian populasi amfibi yang sebelumnya tidak ada masalah dengan Bd,” kata An Martel, anggota tim ilmuwan dari University of Ghent di Belgia.

Serbuan jamur ini sudah dirasakan di Belanda ketika populasi salamander api turun drastis. Kini hanya tersisa 4 persen dari tingkat aslinya sejak 2010. B. salamandrivorans , yang menyerang kulit salamander-bagian vital bagi amfibi dan reptil-diyakini menyebar lewat kontak langsung dengan hewan yang sudah terinfeksi. Dapat juga dengan lingkungan yang terkontaminasi.

Jamur patogen ini mampu bertahan hidup di air dalam periode singkat. “Sekali terinfeksi jamur ini, kulit salamander akan rusak,” ujar Martel. Matthew Fisher, dari Imperial College London, menjelaskan kasus ini menjadi misteri karena wabah jamur pemakan kulit ini baru ditemukan belakangan ini. Satu penjelasannya, ujar dia, jamur pembunuh salamander ini telah menyerbu Belanda dari belahan dunia lain. Menurut Fisher, jika kasus jamur ini tidak segera ditangani, hal itu dikhawatirkan berdampak terhadap hewan-hewan amfibi lainnya, baik di tingkat lokal maupun global.

Tim ahli di Belanda menangkar hewan yang populasinya merosot. Mereka juga mengembangkan program perawatan di penangkaran. Tim akan melepasliarkan salamander dari penangkaran, begitu angka populasinya kembali normal. SOFTPEDIA | AMRI MAHBUB

(red/andhi/urhartanto/SN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!