Indahnya 'Pelangi' Istimewa di Langit Malam

redaksi.co.id - Indahnya 'Pelangi' Istimewa di Langit Malam Aurora atau yang juga dikenal dengan sebutan Northern Lights, merupakan sebuahfenomena alam yang sering terjadi di belahan Bumi...

36 0

redaksi.co.id – Indahnya 'Pelangi' Istimewa di Langit Malam

Aurora atau yang juga dikenal dengan sebutan Northern Lights, merupakan sebuahfenomena alam yang sering terjadi di belahan Bumi bagian utara dan selatan. Aurora merupakan susunan cahaya warna-warni menyerupai pelangi yang terjadi akibat adanya gesekkan antara magnet bumi dengan partikel bermuatan magnet matahari di lapisan ionosfer.

Dikutip dariDaily Mail, Selasa (12/4/2016), seorang fotografer amatir, Dean Matthews, menangkap dengan kamera miliknya sebuah gambar yang sangat menakjubkan di mercusuar Souter, Sunderland, Irlandia, pada Kamis 7 April 2016 pada pukul 22.40.

Gambar itu menunjukkan susunan cahaya warna-warni yang indah beserta spektrum hijau yang membentuk lukisan yang sangat menawan di langit dengan campuran warna kuning, jingga, biru, dan ungu.

Adanya menara mercu suar yang bersejarah sebagai latar, pemandangan yang sangat indah itu terlihat seperti lukisan.

Fotografer berusia 38 tahun itu menyatakan, dia telah menyaksikan fenomena alam yang paling indah, Aurora Borealis, yang sering terjadi di belahan Bumi bagian utara.

“Aurora-nya terlihat begitu nyata,” kata dia.

Pria itu juga mengatakan bahwa ia sempat melihat fenomena yang sama Maret lalu, tapi tak seindah saat itu. Pada saat fenomena alam paling indah itu terjadi, ia sedang berada di rumahnya.

Kemudian salah seorang temannya mengunduh sebuah foto aurora di Facebook yang diambil oleh fotografer setempat. Setelah melihat foto dan menyadari posisiaurora tidak terlalu jauh, ia langsung bergegas menuju lokasi terjadinya Aurora Borealis di Souter.

“Aku sangat beruntung. Jika aku terlambat sedikit saja, maka aku akan melewatkan fenomena indah yang berlangsung hanya 10 menit,” ujarnya.

Biasa Anda harus mengunjungi Durham atau Northumberland yang memakan waktu 1,5 jam perjalanan untuk mendapatkan momen ini.

Mercusuar Souter yang didirikan pada tahun 1871 merupakan mercu suar pertama yang dirancang dan digunakan sebagai pembangkit listrik.

Efek dari fenomena alam yang sering terjadi di bagian Bumi utara itu, beberapa kali terlihat di UK dalam beberapa tahun belakang, kemunculan fenomena ini semakin bertambah.

Bulan lau, MailOnline melaporkan bahwa ada cahaya misterius yang terlihat di langit Oxfordshire.

Amanda Townsend, seorang pakar cuaca dan angkasa di badan meteorologi atau Met Office, mengatakan bahwa kombinasi yang pas antara lapisan bawah atmosfer memungkinkan fenomena alam bisa terlihat oleh mata manusia dari berbagai bagian daerah.

Apa itu Aurora?

Ada dua jenis Aurora, Aurora Borealis yang artinya ‘subuh di ufuk utara’, dan Aurora Australis, yang berarti ‘subuh di ufuk selatan’.

Fenomena itu terjadi ketika partikel-partikel bertukar secara elektris dari matahari memasuki atmosfer bumi. Kemudian terjadilah badai yang disebut dengan badai geo-magnetik yang terjadi ketika angin atau awan yang bermuatan unsur magnetik matahari, menabrak magnet bumi.

Biasanya, partikel bermuatan magnet matahari yang menuju Bumi akan dibelokkan oleh magnet bumi. Namun beberapa partikel berhasil memasuki atmosfir bumi dan bertabrakan dengan partikel gas yang memancarkan cahaya warna-warni.

Cahaya inilah yang menjadi aurora yang menampilkan banyak warna, terutama warna hijau muda dan merah tua.

(red/endarmono/l/idarto/HAS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!