Ucapkan Terima Kasih, Mesir Serahkan Dua Pulau ke Saudi

redaksi.co.id - Ucapkan Terima Kasih, Mesir Serahkan Dua Pulau ke Saudi Mesir memberikan dua pulau ke Arab Saudi sebagai ucapan terima kasih, Ahad (10/4). Kabinet Mesir...

13 0

redaksi.co.id – Ucapkan Terima Kasih, Mesir Serahkan Dua Pulau ke Saudi

Mesir memberikan dua pulau ke Arab Saudi sebagai ucapan terima kasih, Ahad (10/4). Kabinet Mesir mengumumkan Mesir menyerahkan kedaulatan atas Tiran dan Sanafi yang merupakan pulau tidak berpenghuni di Teluk Aqaba.

Dikutip dari New York Times, langkah ini masih perlu izin dari parlemen. Meski demikian, kabinet menegaskan transfer ini dilakukan ke teritorial awal Saudi. Pulau-pulau ini sebelumnya milik Saudi yang kendalinya ditransfer ke Mesir pada 1950 karena kekhawatiran Israel akan mencaploknya.

Pengumuman pengembalian ini menuai protes dari penduduk Mesir yang selama berdekade menganggap pulau itu adalah tanah Mesir. Hal ini juga mengundang perdebatan. Presiden Abdel Fattah el-Sisi dinilai telah mempermalukan negara di hadapan sekutu kaya.

Di sosial media, Sisi disebut-sebut sebagai Awaad, karakter Mesir kuno yang menjual tanahnya. Hal ini dinilai memalukan di mata para penduduk Mesir. Keputusan ini bahkan menuai demonstrasi kecil di Tahrir Square, lokasi protes penggulingan Presiden Husni Mubarak pada 2011.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan sedikitnya lima orang ditangkap pada Ahad. Menurut seorang pengamat, Samer Shehata dari Universias Oklahoma, di mata rakyat, Sisi seperti menjual pulau demi uang dari Saudi.

Keputusan penyerahan dua pulau ini dilakukan setelah kunjungan Raja Salman ke Mesir. Raja Salman mendominasi kehidupan di Kairo selama beberapa hari kunjungan. Jalanan macet ketika ia menghadiri pertemuan di istana kepresidenan dan masjid Al Azhar.

Mesir dan Arab Saudi menandatangani sedikitnya 15 kesepakatan selama kunjungan raja, termasuk pengembangan paket untuk Sinai dan kesepakatan minyak bernilai 22 miliar dolar AS untuk Mesir selama lima tahun.

Kedua pulau hanya berjarak kurang dari lima mil dari pantai kedua negara. Penyerahannya dilakukan setelah negosiasi selama enam tahun. Pulau itu dinilai sangat strategis dan tidak pernah diokupasi kecuali oleh militer.

Bagi Sisi, melepas kedua pulau sangat berpengaruh pada keuntungan diplomatik. Sejak 2013, Arab Saudi telah menopang ekonomi Mesir dengan mengalirkan sedikitnya 12 miliar dolar AS ke kas Mesir.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!