Militer Suriah Kerahkan Bala Tentara ke Aelppo

redaksi.co.id - Militer Suriah Kerahkan Bala Tentara ke Aelppo BEIRUT -- Pihak militer Suriah pada Senin (11/4) dilaporkan sedang mengerahkan bala bantuan ke Aleppo, tempat pertempuran...

12 0

redaksi.co.id – Militer Suriah Kerahkan Bala Tentara ke Aelppo

BEIRUT — Pihak militer Suriah pada Senin (11/4) dilaporkan sedang mengerahkan bala bantuan ke Aleppo, tempat pertempuran baru mengancam gencatan senjata yang rentan menjelang babak perundingan perdamaian berikutnya. Media Iran melaporkan kematian-kematian pertama tentara regulernya di Suriah sepekan setelah Teheran menyatakan pasukan komando telah dikerahkan guna mendukung Damaskus.

Dukungan militer Iran sejauh ini sebagian besar berasal dari pasukan elit Korps Garda Revolusi. Pertempuran baru dekat kota kuno Aleppo dalam dua pekan terakhir menandai tantangan paling serius terhadap “penghentian permusuhan” yang ditaja oleh Amerika Serikat dan Rusia dengan maksud memfasilitasi pembicaraan perdamaian.

Menunjuk kepada keadaan gencatan senjata tersebut, seperti dilansir Reuters, Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moualem mengatakan kepada utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Staffan de Mistura, yang sedang mengunjungi Damaskus, bahwa Turki dan Arab Saudi berada di balik pelanggaran-pelanggaran kesepakatan itu. Ia mengatakan mereka telah memerintahkan para pemberontak melancarkan serangan-serangan yang bertujuan menggagalkan pembicaraan yang direncanakan di Jenewa.

Sejauh ini belum ada tanggapan segera dari Arab Saudi dan Turki. Kedua negara tersebut telah mendukung pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad, dengan menyediakan senjata dan uang bagi pemberontak. Bashar didukung secara militer baik oleh Iran maupun Rusia.

(red/ainin/adziroh/LN)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!