AFC Resmikan Indonesia Sebagai Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023

redaksi.co.id - AFC Resmikan Indonesia Sebagai Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023 © 2016 Goal.com AFC logo AFC telah...

24 0

redaksi.co.id – AFC Resmikan Indonesia Sebagai Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023

© 2016 Goal.com AFC logo

AFC telah menetapkan secara resmi negara mana saja yang bakal bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Berdasarkan keputusan rapat Komite Kompetisi AFC di Kuala Lumpur, Selasa(12/4), ada empat negara yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Empat negara ini mampu memenuhi syarat awal yang ditetapkan hingga tenggat, 31 Maret lalu.

Salah satunya adalah Indonesia. PSSI sebelumnya memang mengungkapkan telah mengajukan diri sebagai calon tuan rumah Piala Asia 2023, meski saat ini statusnya masih disanksi FIFA.

Nantinya, Indonesia akan bersaing dengan Tiongkok, Korea Selatan, dan Thailand. Selanjutnya, AFC bakal menindaklanjuti ketertarikan empat negara tersebut, dengan mengirimkan persyaratan berikutnya.

“AFC akan mengirimkan perjanjian penawaran dan daftar pertanyaan untuk para kandidat tuan rumah, dan meminta jaminan dari pemerintah, serta pendapat hukum atas penawaran tersebut,” tulis AFC melalui laman resminya.

Seperti diketahui, Indonesia pernah menjadi tuan rumah bersama Vietnam, Thailand, dan Malaysia pada Piala Asia 2007. Ketika itu, timnas Indonesia yang diarsiteki Ivan Kolev gagal lolos dari fase grup.

Sedangkan untuk Piala Asia 2019 yang bakal digelar di Uni Emirat Arab, skuat Garuda dipastikan absen. Itu setelah, didiskualifikasi pada babak kualifikasi lantaran terkena sanksi suspensi FIFA per 30 Mei 2015.

Di sisi lain, Komite Kompetisi AFC juga memutuskan jika sanksi Kuwait FA tidak dicabut hingga 13 Mei 2016, tempat mereka di putaran final Piala Asia U-16 2016 bakal digantikan timnas U-16 negara lain.

Sebelumnya, pada babak kualifikasi Kuwait U-16 berhasil finis di posisi teratas grup F, yang digelar September tahun lalu.

Berdasarkan jadwal yang ada, Piala Asia U-16 2016 bakal digelar di India, 15 September-2 Oktober 2016.

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!