Jokowi 'Jualan' Program Aplikasi Seluler ke Petani

redaksi.co.id - Jokowi 'Jualan' Program Aplikasi Seluler ke Petani Pemerintah mulai menyusupkan penggunaan teknologi berbasis aplikasi telepon seluler guna mendekatkan petani dengan konsumen. Teknologi tersebut diperkenalkan...

31 0

redaksi.co.id – Jokowi 'Jualan' Program Aplikasi Seluler ke Petani

Pemerintah mulai menyusupkan penggunaan teknologi berbasis aplikasi telepon seluler guna mendekatkan petani dengan konsumen. Teknologi tersebut diperkenalkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada petani di Brebes, Jawa Tengah.

Sejumlah aplikasi tersebut yakni Aplikasi “Petani” yang memuat fitur tentang panen dan pupuk; “TaniHub” yang menyediakan fitur e-commerce produk pertanian, peternakan, perikanan, dan pembayaran; “Lima Kilo” memuat fitur pengaturan pola tanam versi digital; “Pantau Harga” yakni fitur pemantauan harga, pemesanan komoditas, penjualan komoditas dan akses langsung ke konsumen; dan aplikasi “Nurnaya Initiative” memuat fitur ekosistem UMKM online Indonesia.

“Pemerintah sangat ingin memajukan petani Indonesia dan aplikasi-aplikasi karya anak bangsa ini dibuat khusus untuk meningkatkan produktivitas para petani,” kata Rudiantara dalam siaran pers, Senin (11/4).

Pengenalan aplikasi tersebut dilakukan dalam peluncuran Program Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat di Sub Terminal Agribisnis (STA)

Ia lantas menyinggung fakta yang ditunjukan oleh data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2003 hingga 2013. Data menunjukkan, Indonesia telah kehilangan lima juta petani dalam kurun waktu 10 tahun.

(red/atno/wi/anto/RDS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!