Elemen TREE Bisa Meregenerasi Mamalia Termasuk Manusia

redaksi.co.id - Elemen TREE Bisa Meregenerasi Mamalia Termasuk Manusia Para peneliti dari Duke University belum lama ini telah mengidentifikasi gen pengatur, yang terlibat dalam regenerasi jaringan...

20 0

redaksi.co.id – Elemen TREE Bisa Meregenerasi Mamalia Termasuk Manusia

Para peneliti dari Duke University belum lama ini telah mengidentifikasi gen pengatur, yang terlibat dalam regenerasi jaringan zebra dan berharap penemuan ini bisa merangsang proses regenerasi pada hewan mamalia dan manusia.

“Kami ingin tahu bagaimana regenerasi terjadi, dengan tujuan akhir untuk membantu manusia,” kata Kenneth D. Poss, Ph.D., peneliti senior pada proyek dan profesor biologi sel di Duke University School of Medicine.

Para peneliti telah mempelajari regenerasi dan mengidentifikasi puluhan gen regenerasi pada tikus, ikan zebra, dan organisme lain. Hal menarik dalam studi Duke adalah neuregulin 1 di ikan zebra. Itu dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otot jantung serta meningkatkan pertumbuhan fibroblast, untuk menumbuhkan kembali sirip yang telah terputus.

Junsu Kang, Ph.D. sebagai pemimipin penelitian telah mengidentifikasi unsur-unsur peraturan sambil mencari cluster gen yang diinduksi oleh sirip dan regenerasi hati di ikan zebra.

Melalui penelitian yang cermat, Kang mengidentifikasi urutan gen yang mengaktifkan regenerasi sirip serta urutan lain yang berubah pada perbaikan sel dalam hati.

Dia mengambil gen neuregulin 1 dan pertumbuhan fibroblast faktor. Hasil akhirnya adalah zebra transgenik dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan cepat setelah cedera.

Mendapatkan sistem regenerasi yang bekerja pada ikan zebra berhasil, Kang ingin mengujinya dalam sistem mamalia. Kemudian dia mengambil zebra “regenerasi jaringan elemen enhancer” (TREE), kemudian menciptakan tikus transgenik yang mengandung TREE atau sistem lacZ tersebut dan menemukan bahwa urutan regenerasi ini dapat mengaktifkan gen-gen di kaki dan hati tikus yang terluka.

Dilansir dari laman Digitaltrends, Ahad (10/4) para peneliti percaya bahwa elemen TREE ini dapat dikombinasikan dengan teknologi modifikasi genetik lainnya untuk menciptakan manusia dan mamalia guna memperbaiki dan menumbuhkan kembali bagian tubuh yang hilang atau terluka.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!