Bersejarah, SpaceX Daratkan Roket di Atas Kapal Laut

redaksi.co.id - Bersejarah, SpaceX Daratkan Roket di Atas Kapal Laut Untuk pertama kalinya, perusahaan roket SpaceX berhasil mendaratkan roketnya, Falcon 9, di atas sebuah kapal. Bertempat...

13 0

redaksi.co.id – Bersejarah, SpaceX Daratkan Roket di Atas Kapal Laut

Untuk pertama kalinya, perusahaan roket SpaceX berhasil mendaratkan roketnya, Falcon 9, di atas sebuah kapal.

Bertempat di Samudera Atlantik, Jumat sore, 8 April 2016. SpaceX meluncurkan roket dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral. Roket ini membawa kargo kapsul ke Stasiun Antariksa Internasional.

Kepala perusahaan eksplorasi ruang angkasa swasta itu, Elon Musk, mengadakan konferensi pers dengan NASA setelah roket ini mendarat. “Apa yang berbeda kali ini adalah bahwa roket mendarat tidak membuat lubang di kapal atau membuatnya terbalik,” kata Musk, becanda.

Pendaratan roket di kapal ini adalah keberhasilan pertama mereka. “Kami berpikir mungkin perlu mendarat ke laut. Sesuatu di luar bumi mungkin perlu mendarat di kapal,” kata Musk. Ia mengacu pada potensi habitat ruang masa depan yang memperluas luar orbit bumi. Sekarang, ISS terletak di orbit bumi rendah.

SpaceX dan Amazon beberapa waktu ini mencoba untuk menguasai pendaratan roket agar berhasil. Upaya dari SpaceX memungkinkan perusahaan menggunakan kembali roket yang telah dipakai. Ini berpotensi menghemat uang perusahaan dan bahkan waktu. Menurut Musk, para awak SpaceX di Mission Control, gembira.

Melalui Twitter, Presiden Barack Obama mengucapkan selamat kepada Musk dan NASA atas kerja keras dan inovasi mereka. Musk mengatakan pendaratan laut ini adalah salah satu momen besar. “Ini benar-benar tonggak yang baik untuk langkah lain menuju bintang-bintang,” katanya. CNN | REZKI ALVIONITASARI

(red/ochman/rief/RA)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!