Sengketa Batas Laut Timor Leste-Australia Dilaporkan ke PBB

redaksi.co.id - Sengketa Batas Laut Timor Leste-Australia Dilaporkan ke PBB Timor Leste akhirnya melaporkan sengketa batas laut negaranya dengan Australia ke PBB untuk bisa dicarikan solusinya...

38 0

redaksi.co.id – Sengketa Batas Laut Timor Leste-Australia Dilaporkan ke PBB

Timor Leste akhirnya melaporkan sengketa batas laut negaranya dengan Australia ke PBB untuk bisa dicarikan solusinya berdasarkan ketentuan UU Kelautan Internasional.

Timor Leste sudah lama memperselisihkan perjanjian batas maritim mereka saat ini dengan Australia yang diklaim telah membuat mereka rugi miliaran dolar dari keuntungan eksplorasi kilang minyak dan lapangan gas lepas pantai di Laut Timor.

Bulan lalu, ribuan massa berunjuk rasa di luar Kedutaan Besar Australia di Dili mendesak Australia untuk menegosiasikan sengketa ini. Dalam pernyataannya, Pemerintah Timor Leste mengatakan meski ada aturan sementara mengenai pembagian sumber daya bersama di Laut Timor, namun Australia dan Timor Leste tidak memiliki kesepakatan mengenai batas maritim.

“Dan dengan demikian kami hanya tinggal memiliki satu opsi saja. Proses ini memberi jalan bagi komisi PBB untuk membantu kedua negara kami mencapai solusi mengenai batas laut permanen,” katanya.

Araujo mengatakan negaranya berusaha mendapatkan solusi yang adil dan merata mengenai apa yang menjadi hak mereka berdasarkan ketentuan hukum internasional.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!