Fenomena Bunuh Diri 'Massal' Penduduk Asli Kanada

141

redaksi.co.id – Fenomena Bunuh Diri 'Massal' Penduduk Asli Kanada

Komunitas penduduk asli di KanadaUtara memberlakukan status darurat menyusul insiden percobaan bunuh diri ‘massal’ di mana 11 orang ingin menghilangkan nyawanya dalam 1 hari.

Attawapiskat First Nation di Ontario mengatakan, pada Maret 2016 ada 28 kasus percobaan bunuh diri dan 100 pada September tahun lalu. Menurut surat kabar di Kanada, 1 orang dilaporkan tewas.

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau melihat fenomena itu adalah suatu hal yang menyedihkan.

Sebanyak 1,4 juta penduduk asli Kanada hidup di bawah garis kemiskinan. Bahkan, harapan hidup mereka jauh di bawah rata-rata di negara yang relatif makmur tersebut.

Bruce Shisheesh, ketua dari komunitas Attawapiskat First Nation mengatakan, 11 orang yang mencoba bunuh diri pada Sabtu 9 April lalu membuatnya memutuskan untuk mendeklarasikan status negara dalam keadaan bahaya.

Dalamakun Twitternya, ia menuliskan, Otoritas Kesehatan Wilayah Weeneebayko kini tengah menghadapi krisis staf. Mereka kekurangan perawat dan pekerja sosial. Sementara, ia masih menunggu bantuan dari menteri kesehatah wilayah Ontario untuk mengirikan pekerja darurat ke daerah itu.

Pemerintah First Nation segera mengirim unit respons krisis ke komunitas itu setelah deklarasi darurat itu, seperti dilansir dari BBC, Selasa (12/4/2016).

Dinas Kesehatan Federal Kanada dalam pernyataannya menuliskan, pihaknya telah mengirimkan dua konsuler kesehatan jiwa dalam unit itu.

Sementara itu, Charile Angus, anggota parlemen lokal mengatakan, “Krisis yang sistemik telah berdampak pada komunitas.”

“Belum pernah ada respons serius dari berbagai level pemerintah hingga kini,” tambahnya.

Kendati demikian, PM, Justin Trudeau berjanji akan meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat asli.

Selain di Attawapiskat, komunitas aborigin Kanada di barat Provinsi Manitoba mengatakan telah meminta bantuan semenjak bulan lalu karena ada 6 kasus bunuh diri dalam 2 bulan.

Bahkan dalam 2 minggu ada 140 kasus percobaan bunuh diri, khusus di komunitas itu.

Menurut kementerian kesehatan Kanada, kasus bunuh diri, melukai diri sendiri adalah penyebab utama kematian di komunitas aborigin First Nations, Metis dan Inuit.

Pemimpin Nasional Perkumpulan First Nations Perry Bellegarde meminta pemerintah untuk segera membuat strategi nasional untuk mencegahpenduduk asli bunuh diri.

Kehidupan Merana suku asli Attawapiskat

Wilayah First Nation sangat terisolasi. Mereka tinggal di distrik Kenora, utara Ontario, Kanada.

Ada 2.000 populasi tinggal di tempat perlindungan itu. Pada 2013, mantan ketua komunitas Theresa Spence melakukan aksi mogok makan karena pemerinatah pusat Kanada tidak memberikan dana yang cukup untuk pendidikan dan kesehatan bagi penduduk asli.

Tahun 2011 mengibarkan ‘bendera putih’ negara dalam darurat selama 3 kali berturut-turut karena udara dingin yang menusuk sementara rumah-rumah penduduk sangat tidak layak.

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!