Jokowi Janjikan Tol Pejagan-Pemalang Rampung Saat Lebaran

redaksi.co.id - Jokowi Janjikan Tol Pejagan-Pemalang Rampung Saat Lebaran Presiden Joko Widodo mengatakan jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi I akan beroperasi menjelang Lebaran sehingga dapat digunakan oleh...

67 0

redaksi.co.id – Jokowi Janjikan Tol Pejagan-Pemalang Rampung Saat Lebaran

Presiden Joko Widodo mengatakan jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi I akan beroperasi menjelang Lebaran sehingga dapat digunakan oleh para pemudik. Tol Pejagan-Pemalang yang akan dioperasikan saat Lebaran memiliki panjang 21 kilometer.

“Intinya tidak ada masalah. Ini sudah 20 tahun berhenti karena masalah pembebasan. Sekarang sudah rampung 21 kilometer, selesai nanti dipakai untuk Lebaran,” kata Jokowi saat meninjau Tol Pejagan-Pemalang di Kabupaten Brebes, Senin, 11 April 2016. Setelah 20 kilometer jalan tol selesai, Presiden menargetkan jalan tol Pejagan-Pemalang seksi II yang memiliki panjang 37 kilometer akan selesai tahun depan.

“Saya sudah beri target tadi ke Menteri Pekerjaan Umum, Menteri BUMN, dan Dirut Waskita,” katanya. Presiden mengatakan jalan tol ini diharapkan tidak hanya memudahkan mobilitas pemudik tapi juga melancarkan arus barang di Jawa Tengah. “Adanya jalan tol, pelabuhan, jalur kereta api untuk mempercepat distribusi barang dan orang,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pengerjaan tol Pejagan-Pemalang sudah mangkrak selama 20 tahun. Masalah utamanya adalah pembebasan lahan. Tapi, ia memastikan pembangunan tol seluruhnya akan selesai tahun depan karena masalah pembebasan lahan sudah selesai. “Nyatanya dikerjakan 14 bulan rampung, siang-malam,” katanya.

Presiden Jokowi memastikan APBN cukup untuk memastikan proyek ini rampung pada waktunya. Pada Mei mendatang, kata Jokowi, pemerintah akan mulai mengerjakan pembangunan jalan tol dari Batang ke Semarang sepanjang 75 kilometer. Proyek Pejagan-Pemalang, yang dibangun sepanjang 57,5 kilometer, akan melewati empat daerah, yakni Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Pemalang. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa yang akan menghubungkan ujung barat Jawa di Merak, Banten, hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!