Valentino Rossi Sudah Salah Strategi Sejak Awal

137

redaksi.co.id – Valentino Rossi Sudah Salah Strategi Sejak Awal

Pebalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengakui dirinya melakukan kesalahan sejak awal GP Austin hingga gagal finis pada balapan di Sirkuit Americas, Texas, Minggu (10/4) siang waktu setempat.

Rossi gagal menyelesaikan balapan setelah terjatuh pada tikungan kedua di lap ketiga. Kegagalan tersebut membuat The Doctor turun ke posisi tiga klasemen sementara MotoGP 2016 dengan torehan 33 poin.

Seperti dikutip dari situs resmi MotoGP, Rossi mengaku sudah melakukan kesalahan sejak start. Memulai balapan dari posisi ketiga, pebalap Italia itu mengaku sedikit merusak kopling sepeda motornya.

“Sangat disayangkan karena saya membakar kopling. Saya berada di posisi ketiga, tapi kopling sangat selip, jadi saya harus sedikit menurunkan kecepatan dan berusaha memulihkan kopling. Saya kehilangan sejumlah posisi,” ujar Rossi.

“Di saat yang sama posisi saya tidak terlalu jauh, saya merasa oke dengan motor. Tim bekerja dengan baik sepanjang akhir pekan dan saya merasa cepat.”

Setelah berhasil memulihkan kopling, Rossi mulai mendapatkan kembali ritmenya. Meski berada di posisi keenam, mantan pebalap Ducati itu optimistis bisa setidaknya meraih podium.

Namun, saat balapan memasuki lap ketiga, Rossi mengalami kecelakaan di tikungan kedua. Pebalap 37 tahun itu melakukan kesalahan dengan memasuki tikungan terlalu cepat.

“Saya merasakan kopling sudah kembali normal, tapi saat memasuki tikungan kedua saya tidak merasa terlalu cepat. Ternyata saya mungkin terlalu cepat. Sangat disayangkan, karena kami gagal mendapatkan poin,” ucap Rossi.

Pemenang di balapan kali ini, Marquez Marquez, menilai jatuhnya Rossi di awal balapan membuat perlombaan terasa kurang menyenangkan. “Balapan terasa kurang menyenangkan lagi,” ujar Marquez seperti dikutip Crash.

Bagi sejumlah pebalap, Sirkuit The Americas memang tak mudah ditaklukkan. Pernyataan itu pun sempat terlontar dari peringkat ketiga, Andrea Iannone, dari tim Ducati. “Benar-benar butuh kerja keras dan podium ini sangat berarti,” ucap Iannone.

Begitu pula dengan Jorge Lorenzo yang mengaku kesulitan memacu motornya mendekati Marquez. “Sejumlah tikungan di sirkuit ini memang cukup licin dan jangan sampai ada kesalahan,” tuturnya.

Selain Rossi, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso juga terjatuh karena motornya bersenggolan memasuki lap ketujuh. Begitu pula dengan Cal Crutchlow dari LCR Honda yang bertabrakan dengan Bradley Smith dari Monster Yamaha Tech 3.(Tribunnews/dod)

(red/hmad/yaiku/AS)

loading...

Comments

comments!