Telah Lahir Bintang Baru di Lini Pertahanan MU

redaksi.co.id - Telah Lahir Bintang Baru di Lini Pertahanan MU Bintang baru di lini belakang Manchester United (MU) telah lahir. Timothy Fosu-Mensah, namanya. Beberapa pengamat bahkan...

53 0

redaksi.co.id – Telah Lahir Bintang Baru di Lini Pertahanan MU

Bintang baru di lini belakang Manchester United (MU) telah lahir. Timothy Fosu-Mensah, namanya. Beberapa pengamat bahkan sudah “mengingatkan” pelatih Louis Van Gaal untuk memberi kepercayaan lebih kepada pemain berusia 18 tahun itu.

Saat MU kalah 0-3 dari Tottenham Hotspur, di Liga Inggris, akhir pekan lalu, Fosu-Mensah tampil gemilang, menahan gempuran pemain lawan. Sayang, pada menit ke-68, dia cedera dan digantikan Matteo Darmian.

Alhasil, dua menit setelah Fosu-Mensah keluar, gawang MU langsung kebobolan oleh Dele Alli. Toby Alderweireld dan Erik Lamela lalu melengkapi kemenangan lawan.

“Saat Fosu-Mensah keluar digantikan Matteo Darmian dan terjadi gol, apakah itu kebetulan? Saya kira tidak,” ujar legenda Arsenal, Ian Wright, seperti dikutip BBC Radio Five Live.

Wright, yang kini jadi komentator sepak bola, bahkan berani menyebut bahwa Fosu-Mensah jauh lebih baik ketimbang Darmian. Di laga ini, Darmian memang membuat dua kesalahan yang menyebabkan gol Tottenham.

“Fosu-Mensah bermain sangat baik. Saya sudah melihat permainan Matteo Darmian yang berharga 18 juta pound itu,” ujar Wright lagi. “Dia belum bisa memberikan kontribusi banyak. Sebaliknya, meski belum lama muncul di tim inti, Fosu-Mensah sudah bisa diandalkan.”

Debut Musim Ini

Fosu-Mensah sendiri baru melakukan debut di tim utama MU, musim ini. Dia jadi salah satu pemain dari akademi MU yang diberi kesempatan mentas oleh Van Gaal, bersama Cameron Borthwick-Jackson, Marcus Rashford, dan Guillermo Varela.

Pemain kelahiran Amsterdam, Belanda, 2 Januari 1998 ini diturunkan Van Gaal sebagai pemain pengganti saat MU kalah 2-3 dari Arsenal, Februari lalu. Di laga itu, dia masuk di menit ke-55 menggantikan Marcos Rojo.

Posisi utama Fosu-Mensah adalah di jantung pertahanan. Tapi, dia bisa bermain sama baiknya di sisi kiri atau kanan pertahanan, seperti ketika lawan Tottenham.

Bahkan, saat masih membela MU U-18, Fosu-Mensah sering bermain di lini tengah. Posisinya sebagai gelandang jangkar, karena dia juga punya kemampuan kuat merebut bola.

Jam Terbang Internasional

Fosu-Mensah juga punya jam terbang internasional, karena selalu jadi andalan tim nasional Belanda junior. Mulai kategori U-15 hingga U-19.

Hanya memang, dalam waktu dekat, MU harus bersabar karena sang pemain butuh waktu untuk memulihkan cedera pada kakinya. “Cedera Fosu-Mensah tentu jadi kerugian bagi tim. Dia bermain sangat baik saat lawan Tottenham,” ujar Van Gaal, seperti dikutip Metro. “Kami akan lihat kemungkinan apakah dia bisa tampil dalam waktu dekat.”

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!