Status Gunung Kerinci Waspada, Basarnas kirim 10 personel

redaksi.co.id - Status Gunung Kerinci Waspada, Basarnas kirim 10 personel Kepala kantor Badan Search and Rescue (Basarnas) Provinsi Jambi mengiyakan terkait status meningkatnya aktifitas gunung kerinci...

35 0

redaksi.co.id – Status Gunung Kerinci Waspada, Basarnas kirim 10 personel

Kepala kantor Badan Search and Rescue (Basarnas) Provinsi Jambi mengiyakan terkait status meningkatnya aktifitas gunung kerinci dalam beberapa hari terakhir.

Saat dikonfirmasi, Juanda Dodo mengatakan, pihaknya sudah mengirim 10 personel hari ini (minggu.red) untuk melakukan pemantauan langsung di Kabupaten Kerinci.

Disamping itu, pihak Basarnas juga terus berkordinasi dengan BMKG Stasiun Kerinci maupun Stasiun Sulthan Thaha Jambi untuk mengetahui kondisi perkembangan aktifitas puncak sumatra tersebut.

“10 personel kita sudah berangkat tadi siang ke kerinci untuk melakukan pemantauan. Disamping itu kita terus kordinasi dengan BMKG soal perkembangan aktifitas di sana, mengingat dalam beberapa hari terakhir Gunung Kerinci sudah mulai batuk,” kata Juanda dikonfirmasi, Minggu (10/4/2016) malam.

Ditambahkan Juanda, para pesonel Basarnas ini nantinya akan menggambarkan situasi dari Kerinci.

Termasuk mebuat jalur efakuasi darurat jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak di inginkan.

Ia barharap warga tak panik dengan kondisi saat ini. Meski demikian, kewaspadaan bagi warga tetap harus ditingkatkan.

“Untuk sekarang statusnya masih waspada, kalau ada peningkatan status nanti akan kita lihat perkembangannya,” katanya.

“Kita tidak bisa begitu saja melakukan evakuasi. Jangan sampai menimbulkan keresahan pada warga, jika terjadi peningkatan status ke level siaga maka kemungkinan akan kita lakukan evakuasi,” katanya.

Selain melakukan pengamatan aktifitas di Gunung Kerinci, pihaknya Basarnas juga akan melakukan kordinasi dengan pemerintah setempat termasuk BPBD di kabupaten dan provinsi.

Terkait berapa jumlah desa yang di khawatirkan akan terdampak, pihaknya masih menunggu laporan dari personel yang di berangkatkan ke Kerinci. Namun, ia mengimbau agar warga tidak berada disekitar kawah.

Mengingat, kondisi abu fulkanik gunung kerinci yang dalam beberapa hari twrakhir keluar dari kawah cukup berbahaya bagi kesehatan manisia jika terpapar.

“Mudah-mudahan tidak meningkat, itu harapan kita,”pungkas Juanda.

(red/iti/mi/anik/SUH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!