Dua Tersangka Kunci Teror di Paris dan Brussels Ditangkap

102

redaksi.co.id – Dua Tersangka Kunci Teror di Paris dan Brussels Ditangkap

Polisi Belgia menangkap dua tersangka kunci aksi bom teror di Paris, Prancis dan Brussels, Belgia pada hari Jumat, 8 April 2016. Dua tersangka kunci itu bernama Mohamed Abrini, 31 tahun dan Osama Krayem.

Abrini, keturunan Belgia-Maroko, diduga terlibat mempersiapkan pengeboman dan penembakan di Paris pada 13 November 2016 yang menewaskan 130 orang. Abrini juga diduga pria yang mengenakan topi saat aksi bom bunuh diri mengguncang bandara internasional Brussels tanggal 22 Maret lalu.

Pria yang diduga jaringan kelompok milisi ISIS ini ditangkap di satu tempat tak jauh dari Molenbeek, Brussels. Ia merupakan orang yang paling dicari di Eropa setelah sejumlah aksi bom menguncang beberapa negara Eropa.

Osama Krayem yang juga dikenal dengan nama Naim al Hamed, ditangkap lebih dulu. Ia tersangka aksi bom bunuh diri di stasiun kereta Brussels pada 22 Maret lalu. Ia yang membeli koper untuk digunakan para pelaku bom bunuh diri.

Bom bunuh diri di Brussels menewaskan 32 orang. Osama, menurut aparat hukum Belgia, pernah menggunakan paspor palsu sebagai warga Suriah. Paspor palsu ini hasil pemeriksaan polisi Jerman.

Ia menggunakan paspor palsu itu untuk menyewa mobil untuk Salah Abdeslam, tersangka utama serangan di Paris yang sudah tiga minggu dibui di Brussels. Menurut pakar terorisme Peter Bergen, penangkapan Abrini memberikan tekanan pada pejabat Belgia untuk mendapatkan informasi secara cepat. REUTERS | CNN | MARIA RITA

(red/ainin/adziroh/LN)

loading...

Comments

comments!