Facebook Perkenalkan Kamera 360

102

redaksi.co.id – Facebook Perkenalkan Kamera 360

Facebook selenggarakan F8 Developer Conference. Dalam penyelenggaraan tersebut Facebook memperkenalkan beberapa fitur terbaru Facebook Messenger dan juga sebuah produk terbaru Facebook di bidang kamera.

Produk ini dinamakan Facebook Surround 360 Camera. Produk ini dipastikan mampu melakukan pengambilan gambar dengan sudut 360 derajat, seperti dilansir Engadget.com, Rabu 13 April 2016.

Perangkat ini disebut mampu mengambil gambar panjang dan menyediakan video untuk siap ditayangkan secara online melalui website dengan bantuan software yang diciptakan khusus untuk Facebook Surround 360 Camera.

Facebook sendiri mengatakan perangkat kamera ini tidak akan dijual. Kamera ini memilik bentuk utuh menyerupai permainan tradisional gansing. Pada perangkat kamera tersebut terdapat 14 unit kamera yang diletakkan pada jarak tertentu dengan dudukan untuk masing-masing kamera. Kamera diletakkan di tepi bagian tengah gangsing.

Pengaturan lensa pada perangkat ini yaitu satu kamera berlensa fish eye ditempatkan menghadap atas, sedangkan dua kamera lainnya menghadap ke bawah. Facebook mengklaim kamera ini akan menghasilkan gambar yang benar-benar bulat.

Jumlah kamera dan penempatannya juga diklaim mampu menangkap gambar stereoscopic yang dibutuhkan untuk hasil tiga dimensi.

Perangkat lunak atau software yang dimiliki Facebook akan menjahit hasil gambar video 4K, 6K dan 8K yang dihasilkan tiap lensa kamera. Direktur Teknik Facebook Brian Cabral memastikan software akan bekerja dengan keseluruhan kamera.

3D, gambar 360 akan menjadi kenyataan dan membagi konten dengan software tersebut juga akan menjadi kenyataan, kata Cabral. Pada peluncuran kamera 360 Facebook ini dijelaskan bahwa hasil pengambilan gambar dengan perangkat ini ditujukan bagi Oculust Rift, perangkat Virtual Reality yang tengah diproduksi Facebook dan sudah mulai dikirimkan kepada pembelinya di seluruh dunia.

MAYA NAWANGWULAN | ENGADGET

(red/andhi/urhartanto/SN)

loading...

Comments

comments!