Inilah 10 Stadion Terbesar di Dunia

772

redaksi.co.id – Inilah 10 Stadion Terbesar di Dunia

Bagi fans sepak bola, stadion adalah tempat yang begitu sakral. Itu karena stadion menjadi saksi bisu dari aksi para tim idola mereka di lapangan. Tak jarang sejarah hebat tercipta di dalam stadion.

Stadion memang menjadi tempat bertemunya fans sebuah tim dari berbagai belahan dunia. Ada beberapa tim yang beruntung karena memiliki stadion dengan kapasitas penonton luar biasa.

Nama Camp Nou dan Santiago Bernabeu menjadi salah satu stadion yang memiliki kapasitas jumlah penonton cukup besar di dunia. Begitu pula dengan Signal Iduna Park, markas Borussia Dortmund.

Berikut 10 stadion dengan kapasitas terbesar di dunia yang dirangkum Liputan6.com.

Rungrado May Day Stadium, Korea Utara

Meski prestasinya terbilang minim, Korut ternyata memiliki stadion yang masuk dalam 10 stadion terbesar di dunia. Rungrado adalah stadion multifungsi yang selesai dibangun pada 1 Mei 1989.

Bayangkan, kapasitas Rungrado saat ini mencapai 150.000 penonton. Angka itu membuat Rungrado dinobatkan sebagai stadion terbesar di dunia dan venue olahraga terbesar ke-12 di dunia. Stadion itu sendiri dibangun di atas tanah seluas 20,7 hektare.

Azadi Stadium, Tehran

Azadi Stadium atau yang lebih dikenal sebagai Aryamehr Stadium adalah stadion yang terletak di Tehran, Iran. Stadion yang diresmikan pada 18 Oktober 1971 itu menjadi milik Esteghlal dan Persepolis.

Azadi Stadium juga ditetapkan sebagai markas timnas Iran. Tercatat, tempat itu mampu menampung hingga 100.000 penonton. Namun, saat Iran bertemu Australia pada kualifikasi Piala Dunia 1998, Azadi Stadium sempat disesaki hingga 128.000 penonton.

Estadui Azteca, Meksiko

Estadui Azteca adalah stadion sepak bola yang berlokasi di Mexico City, Meksiko. Dibuka pada 1966, stadion itu kini ditetapkan sebagai kandang Club America dan timnas Meksiko.

Selain menjadi stadion terbesar di Meksiko, Estadui Azteca juga tercatat sebagai stadion terbesar ketiga di dunia. Itu karena Estadui Azteca mampu menampung hingga 95.500 penonton. Biaya pembangunan stadion itu sendiri mencapai 260 juta dolar Meksiko.

Camp Nou, Catalan

Ini mungkin menjadi nama stadion yang paling didengar banyak orang dalam satu dekade terakhir. Maklum, Camp Nou adalah markas salah satu tim terbaik di dunia saat ini, yakni Barcelona. Stadion itu selesai dibangun pada 1957.

Saat ini, Camp Nou tercatat mampu menampung hingga 99.354 penonton. Itu mengapa Camp Nou dinobatkan sebagai stadion terbesar di Spanyol. Ada tiga sosok yang tercatat sebagai arsiteknya. Mereka adalah Silda VIP, Josep Soteras, dan Giulio.

FNB Stadium, Johannesburg

FNB Stadium adalah singkatan dari First National Bank Stadium. Stadion ini masih terlihat sangat bagus karena baru diperbaiki pada 2009. Tempat itu pun menjadi salah satu venue laga Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Karena kemegahannya, FNB Stadium pun ditetapkan sebagai kandang timnas Afrika Selatan. Kapasitas tempat itu adalah 94.736 penonton. Saat Afsel menghadapi Selandia Baru, FNB Stadium sempat disesaki hingga 94.713 penonton. Itu jadi rekor tersendiri bagi FNB Stadium.

The Rose Bowl

The Rose Bowl adalah stadium atletik outdoor yang terletak di Pasadena, California. Dibuka pada 1922, The Rose Bowl sempat direnovasi pada 2011. Tercatat, The Rose Bowl mampu menampung 92.542 penonton.

Tercatat, The Rose Bowl juga sempat mencetak rekor jumlah penonton pada 1973. Itu karena penonton yang hadir mencapai 106.869 orang. Selain untuk atletik, The Rose Bowl juga sempat dijadikan sebagai venue final Piala Dunia 1994 dan final Piala Dunia Wanita 1999.

Wembley Stadium, London

Wembley adalah stadion kebanggaan publik Inggris yang dibuka pada 2007. Dengan kapasitas 90.000 penonton, Wembley tercatat sebagai stadion terbesar di Inggris. Bahkan, Wembley juga tercatat sebagai stadion terbesar kedua di Eropa.

Saat ini, Wembley selalu digunakan sebagai kandang timnas Inggris. Selain itu, Wembley juga dijadikan sebagai stadion yang rutin menggelar laga final Piala Liga dan Piala FA.

Signal Iduna Park, Dortmund

Westfalenstadion atau yang lebih dikenal Signal Iduna Park adalah stadion kebanggaan Borussia Dortmund. Tempat itu tercatat sebagai salah stadion terkenal di Eropa. Dilaporkan, stadion itu mampu menampung hingga 81.359 penonton.

Sejak dibangun pada 1971, Signal Iduna Park sudah mengalami beberapa kali renovasi. Tercatat, tempat itu pernah direnovasi pada 1992, 1995-1999, 2002-2003, dan 2006. Pada 2006, biaya renovasi mencapai 200 juta euro.

Stade de France, Prancis

Stade de France adalah stadion kebanggaan timnas Prancis yang terletak di Saint Denis. Kapasitas stadion itu dilaporkan mencapai 81.338 penonton. Dibangun untuk Piala Dunia 1998, nama Stade de France direkomendasikan Michel Platini, legenda sepak bola Prancis.

Tercatat, biaya untuk membangun Stade de France menghabiskan 290 juta euro. Arsiteknya adalah Michel Macary, Aymeric Zublena, Michel Regembal, dan Claude Constantini.

Santiago Bernabeu

Nama Santiago Bernabeu begitu sakral di mata fans Real Madrid. Stadion itu menjadi tempat impian yang ingin dikunjungi fans Madrid di seluruh dunia. Bahkan, nama Santiago Bernabeu dinobatkan sebagai stadion paling terkenal di seluruh dunia.

Dengan kapasitas 81.044 penonton, Santiago Bernabeu sempat mencetak rekor saat dipadati 128.000 penonton pada 1974. Santiago Bernabeu juga menjadi saksi pertarungan antara Bayern Muenchen dan Inter Milan di final Liga Champions 2009/2010.

(red/ris/ahyudianto/AW)

loading...

Comments

comments!