Gunung Tertinggi di Amerika Utara Menyusut

redaksi.co.id - Gunung Tertinggi di Amerika Utara Menyusut Peta milik lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menunjukkan puncak gunung tertinggi di Amerika Utara menyusut beberapa meter....

29 0

redaksi.co.id – Gunung Tertinggi di Amerika Utara Menyusut

Peta milik lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menunjukkan puncak gunung tertinggi di Amerika Utara menyusut beberapa meter. Penghitungan menggunakan teknologi baru itu membuktikan tinggi Gunung McKinley hanya 6.168 meter atau lebih pendek 25,29 meter dari tinggi semula, 6.193 meter.

Data ini berasal dari pengukuran menggunakan Interferometric Synthetic Aperture Radar, sebuah teknologi yang dirancang untuk melacak perubahan geografis yang sangat kecil pada 2012. Hasil publikasi resmi yang selama ini digunakan berasal dari pengukuran sejak 1952.

USGS mengatakan perubahan tinggi Gunung McKinley bisa terjadi akibat beberapa faktor, dari teknologi yang lebih akurat, kompilasi metode yang berbeda, atau karena perubahan iklim. Rilis data baru ini adalah bagian dari upaya untuk memperbarui peta topografi Alaska.

Gunung McKinley, yang terletak di Alaska, merupakan tujuan populer pendaki gunung di Amerika Serikat. Gunung ini juga dikenal dengan nama Denali, karena terletak di Taman Nasional Denali di Negara Bagian Alaska.

Kendati tingginya menyusut, puncak Gunung McKinley masih jauh lebih tinggi daripada puncak Gunung Saint Elias-gunung tertinggi kedua di Amerika Serikat-setinggi 5.489 meter. Gunung ini baru dinamai McKinley setelah William McKinley terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat ke-25.

Orang pertama yang berhasil mendaki Gunung McKinley adalah empat pendaki amatir yang dipimpin oleh Peter Anderson dan Billy Taylor pada 1910.

USGS | DAILY MAIL | AMRI MAHBUB

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!