Presiden Jokowi Bertekad Perangi Korupsi

JAKARTA Redaksi.co.id -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tekadnya memerangi korupsi. Diungkapkan Jokowi, bahwa korupsi harus diperangi bersama.“Dan komitmennya adalah bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus...

59 0

JAKARTA Redaksi.co.id -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan tekadnya memerangi korupsi. Diungkapkan Jokowi, bahwa korupsi harus diperangi bersama.

“Dan komitmennya adalah bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus kita perangi bersama-sama,” jelas Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Jokowi menyampaikan, pemberantasan korupsi memilliki tiga aspek yakni pencegahan, penindakan, dan peran masyarakat.

“Pencegahan yang tanpa diikuti penindakan menunjukkan kita tidak tegas. Sementara penindakan tanpa adanya pencegahan juga sama, menunjukkan tidak adanya pendidikan,” jelas Jokowi.

“Keduanya pencegahan dan penindakan harus berjalan beriringan dalam jalur yang sama, bukan berkompetisi untuk mengejar popularitas masing-masing,” tambahnya.

Penindakan akan memberikan efek jera, pencegahan akan memberikan efek penyelamatan. Dan apabila keduanya berjalan bersma, niscaya penyelesaian masalah korupsi akan mendapatkan solusi secara sistemik.

“Ada beberapa hal yang bsia dijadikan pegangan, komitmen bersama kita. Pertama koordinasi dengan mitra dan pemangku kepentingan dalam rangka pemberantasan korupsi. Jangan ada ego kelembagaan dan semuanya membangun sinergitas antar kelembagaan agar korupsi betul-betul bisa kita hilangkan dari negara yang kita cintai,” urai Jokowi.

“Kedua membangun kerjasama dengan pihak terkait baik eksekutif, legislatif, yudikatif dan civil society, dalam rangka pemberantasa korupsi di Indonesia. Ketiga satukan visi dan misi, sinergi seluruh pemangku kepentingan dan ini penting untuk menuntaskan Indoinesia dari korupsi,” terang Jokowi.

Jokowi menjelaskan, dalam urusan pengelolaan sumber daya alam, di tambang, perkebunan, kehutanan diperlukan peran serta KPK dalam rangka supervisi agar perbaikan bisa segera diwujudkan.

“Pemberantasan korupsi dan penyelamatan SDA, adalah pekerjaan yang besar dan berat, dan saya yakin dengan kesungguhan dan bekerjasama kita bisa menuntaskannya,” tutup Jokowi.

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!