Ini Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa

redaksi.co.id - Ini Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa Saat ini program asuransi terus berkembang. Melihat banyak asuransi yang dijual terpisah masyarakat lebih memilih asuransi yang terpisah....

107 0

redaksi.co.id – Ini Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Jiwa

Saat ini program asuransi terus berkembang. Melihat banyak asuransi yang dijual terpisah masyarakat lebih memilih asuransi yang terpisah. Hal ini tentu tidak salah, karena membeli asuransi merupakan cara awal dalam menanggulangi keuangan pada masa mendatang.

Justru membeli asuransi harus dilakukan karena bisa membantu Anda ketika keadaan yang merugikan menimpa Anda.

Persiapan keuangan melalui asuransi inilah yang bisa membantu Anda memperbaiki keuangan dengan mendapat tanggungan dari asuransi tersebut.

Sekarang ini, asuransi jiwa sudah bisa membantu Anda dalam melakukan perencanaan keuangan mendatang. Namun, masyarakat masih belum percaya dengan asuransi jiwa.

Hal ini disebabkan beberapa faktor, khususnya harga premi yang harus dibayarkan. Anggapan masyarakat tentang pentingnya asuransi jiwa belum bisa dipandang penting oleh mereka.

Mengingat banyaknya penawaran asuransi yang terpisah membuat masyarakat juga lebih baik memilih jenis asuransi yang bisa membantu sesuai kebutuhan.

Masyarakat mungkin masih sedikit yang tertarik dengan asuransi jiwa. Padahal, sama-sama penting bagi kelangsungan keuangan Anda di masa depan. Banyak sekali kelebihan dan kekurangan finansial dalam asuransi jiwa.

Banyak sekali masyarakat yang baru menyadari pentingnya asuransi jiwa ketika sudah mengalami masalah di masa mendatang. Kesalahan inilah yang sering terjadi kepada masyarakat tentang manfaat asuransi jiwa.

Memang setiap hal ada kekurangan dan kelebihan, seperti asuransi jiwa ini juga memiliki plus minus yang mungkin sepele, tetapi semua pilihan kembali lagi pada Anda

Kekurangan Asuransi Jiwa

1. Uang Klaim Hanya Bisa Diambil Sekali Seumur Hidup

Sistem inilah yang membuat masyarakat enggan memilih asuransi jiwa. Selain itu, besarnya premi yang dibayar dengan uang klaim yang bisa diambil sekali seumur hidup menjadi salah satu alasan masyarakat lebih memilih asuransi terpisah. Masyarakat lebih banyak memilih asuransi yang bisa memberi tanggungan secara berkala.

2. Ahli Waris dan Keluarga yang Bisa Menikmati Uang Klaim

Pada sistem inilah yang membuat masyarakat memandang asuransi jiwa bisa merugikan. Karena hanya ahli waris si pemilik polis saja yang akan menerima uang pertanggungan.

3. Pembayaran Premi Lebih Mahal

Premi yang dibayarkan akan lebih mahal dari pada membeli asuransi secara terpisah. Masyarakat tentu lebih memilih pembayaran premi yang lebih murah dan bisa mengajukan klaim pada waktu terjadi risiko.

4. Tidak Mempunyai Informasi yang Jelas Mengenai Bentuk Investasi

Ketidakjelasan investasi pada pembelian asuransi jiwa membuat masyarakat berpikir dua kali dalam menggunakannya. Karena itu, cari tahu dulu sebelum memutuskan menggunakan asuransi, agar Anda tidak sampai tertipu.

Keunggulan Asuransi Jiwa

Di samping kekurangan, asuransi jiwa juga memberikan Anda berbagai keuntungan. Apa saja kelebihan itu? Berikut penjelasannya.

1. Mengantisipasi Kerugian Ketika Meninggal

Mungkin ada seseorang yang tidak meninggalkan kerugian ketika meninggal, tetapi itu persentase sangat kecil. Dengan asuransi jiwa ini, Anda bisa mengantisipasi kalau-kalau Anda meninggal dengan kerugian seperti kartu kredit, cicilan rumah, utang, pinjaman tunai, hingga biaya pemakaman.

Semakin muda Anda membeli asuransi, semakin kecil pula premi yang harus dibayarkan. Selain itu, asuransi jiwa juga menjamin biaya jika terjadi masalah kesehatan kelak.

2. Mengantisipasi Risiko Mendadak

Saat ini perusahaan memang sudah memberikan asuransi kepada karyawan. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat beranggapan jika sudah ada asuransi dari perusahaan untuk apa membeli asuransi lagi.

Padahal, kita tidak tahu kapan risiko akan datang dan berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Maka dari itu, manfaat asuransi jiwa penting untuk bisa menolong Anda pada saat keadaan kepepet.

3. Premi Bisa Dibayar Per Bulan atau Per Tahun

Premi yang dibayar untuk asuransi jiwa memang mahal dibanding dengan asuransi lainnya. Namun, Anda bisa memilih pembayaran dengan jangka waktu satu tahun atau per bulan. Selain itu, premi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan keuangan Anda.

Jika Anda belum mapan, bisa mengambil premi yang murah dan jumlah bisa dinaikkan ketika kondisi keuangan Anda membaik.

Tiap Produk Asuransi Jiwa Punya Kekurangan dan Kelebihan yang Berbeda

Dari kelebihan dan kekurangan asuransi jiwa di atas, tentu hal tersebut sangat wajar dimiliki oleh asuransi jiwa. Pada dasarnya proses pembelian asuransi memang sama, tetapi kebijakan secara substansial berbeda.

Anda melakukan pembayaran premi seperti asuransi lainnya, tetapi pertanggungannya berbeda. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan lebih teliti jaminan apa saja yang diberikan dari asuransi tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda dan apakah sesuai dengan kondisi keuangan Anda. (Ahm/)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!