Tim Urutan 4 Liga Inggris Terancam Gagal ke Liga Champions

redaksi.co.id - Tim Urutan 4 Liga Inggris Terancam Gagal ke Liga Champions Tim yang finis di peringkat keempat klasemen Liga Inggris berpeluang gagal mendapatkan tiket ke...

13 0

redaksi.co.id – Tim Urutan 4 Liga Inggris Terancam Gagal ke Liga Champions

Tim yang finis di peringkat keempat klasemen Liga Inggris berpeluang gagal mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan. Itu akan terjadi jika Manchester City menjuarai kompetisi klub elit Eropa itu dan Liverpool meraih kesuksesan di Liga Europa.

City telah melaju ke semifinal Liga Champions, sedangkan Liverpool lolos ke semifinal Liga Europa dengan menyingkirkan Borussia Dortmund. Juara kedua kompetisi ini dipastikan akan meraih tiket Liga Champions.

Bila itu terjadi maka akan jadi kabar bagi Manchester United dan West Ham yang tengah berusaha menggeser City dari posisi keempat. Jika City menjuarai Liga Champions dan finis di luar empat besar, mereka dan tiga tim teratas akan lolos ke fase grup.

Tim yang berada di peringkat keempat juga akan melaju ke putaran kualifikasi. Jika City menjuarai Liga Champions dan finis di empat besar dan Liverpool menjuarai Liga Europa, empat tim teratas akan melaju ke fase grup.

Jika City menjuarai Liga Champions dan finis di luar empat besar dan Liverpool, yang saat ini menghuni peringkat kedelapan, menjuarai Liga Europa, kedua tim akan melaju ke fase grup bersama tim tiga besar, yang berarti tim peringkat keempat akan terdepak.

Tottenham Hotspur finis di peringkat keempat pada 2012, namun harus bermain di Liga Europa ketika Chelsea, yang finis di peringkat keenam, menjadi juara Liga Champions berkat kemenangan adu penalti atas Bayern Munich untuk lolos otomatis sebagai juara bertahan.

Kesuksesan Chelsea mengorbankan Spurs yang harus berkompetisi di Liga Europa, karena hanya empat tim dari satu negara yang diizinkan berkompetisi.

Meski Spurs melakukan protes – mengacu pada kejadian 2005 ketika juara Liga Champions Liverpool ditambahkan sebagai tim kelima – UEFA bersikukuh dengan keputusannya namun mengamandemen peraturan-peraturan untuk mengizinkan maksimal lima klub per negara setahun kemudian.

Spanyol memiliki lima tim yang bermain di Liga Champions musim ini setelah Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Valencia finis di empat besar Liga Spanyol, dan ditemani oleh Sevilla yang mengikuti kompetisi itu sebagai juara Liga Europa.

(red/ambertus/usi/urek/LLH)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!