Ratusan Hektar Padi Siap Panen di Tasikmalaya Diserang Hama Tikus

 TASIKMALAYA Redaksi.co.id - Sejumlah petani warga kampung Cibogo dan kampung Babakan, Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, terpaksa harus gigit jari menahan kesedihan, melihat kondisi...

55 0

 

TASIKMALAYA Redaksi.co.id – Sejumlah petani warga kampung Cibogo dan kampung Babakan, Desa Pusparaja, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, terpaksa harus gigit jari menahan kesedihan, melihat kondisi padi di sawah mereka yang sudah siap panen diserang ratusan tikus.

Menurut Aman (48), warga kampung Cibogo kepada Redaksi.co.id, Senin (23/03/2015), serangan hama tikus yang mengakibatkan kerugian sejumlah petani sudah berlangsung beberapa kali.

“Kami malah sampai tiga kali mengalami gagal panen akibat dari serangan berbagai hama, terutama hama tikus yang sulit dibasmi,”katanya.

Bapak yang menggantungkan hidupnya dari hasil pertanian ini, lebih lanjut mengaku, jangankan untuk makan keluarganya, untuk modal tanam lagi saja sudah tidak akan cukup.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas pertanian kecamatan Cigalontang, Rahmat yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, serangan hama tikus yang menyerang sejumlah sawah yang siap panen tersebut memang sangat sulit untuk dihentikan.

Padahal, kata Rahmat, berbagai obat-obatan untuk mencegah berbagai serangan hama tikus sudah diberikan kepada setiap petani.

“Sejumlah pegawai Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sudah sering turun ke lapangan memberikan arahan tatacara untuk mengantisipasi berbagai hama, terutama hama tikus, namun karena hama tikus terlalu banyak sangat sulit untuk dibasmi,” ucapnya.

Aman yang merupakan salah satu dari sekian ratus petani yang sawah terserang hama berharap, agar pemerintah daerah (Pemda) kabupaten Tasikmalaya segera turun tangan untuk mengantisipasi berbagai serangan hama yang semakin hari terus memperihatinkan. Apabila tidak segera tidak ditangani serangan berbagai hama, terutama hama tikus akan semakin merajalela.(Acing)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!