Inilah 10 Klub Sepak Bola Tertua di Dunia

redaksi.co.id - Inilah 10 Klub Sepak Bola Tertua di Dunia Sepak bola adalah salah satu olahaga paling populer di muka bumi ini. Bahkan, di Inggris, sepak...

31 0

redaksi.co.id – Inilah 10 Klub Sepak Bola Tertua di Dunia

Sepak bola adalah salah satu olahaga paling populer di muka bumi ini. Bahkan, di Inggris, sepak bola ini sudah menjadi olahraga paling populer sejak pertengahan abad 19.

Inggris memang disebut-sebut sebagai negara asal sepak bola. Tak heran, jika mereka menggelar ajang besar sepak bola, seperti Piala Dunia (1966) atau Piala Eropa (1996), orang menyebutnya “Football’s coming home” alias “sepak bola pulang ke rumah”.

Di Inggris sendiri sudah sejak abad 18, tepatnya sejak 1860-an, sepak bola dimainkan secara profesional.Ketika itu, begitu banyak klub-klub sepak bola didirikan karena euforia “si kulit bundar”.

Tak heran, jika mencari klub-klub sepak bola tertua di dunia, pasti yang muncul klub-klub asal Inggris. Klub Jerman, 1860 Munich, memang sudah didirikan sejak 1848. Namun, ketika itu, klub ini pertama kali didirikan sebagai fitness club. Mereka baru mengklaim sebagai klub sepak bola pada 1899.

Lalu, klub mana saja yang merupakan klub sepak bola tertua di dunia? Berikut ini 10 klub sepak bola tertua di dunia, seperti dilansir The Richest:

10. Wrexham FC (1864)

Wrexham FC didirikan pada tahun 1864 di Wrexham, Wales. Saat ini, mereka tercatat sebagai pemegang rekor pemenang Piala Wales, 23 kali. Wrexham mulai bergabung dengan Fottball League di Inggris pada tahun 1921.

Salah satu momen bersejarah Wrexham adalah saat memenangkan Piala FA 1992, mengalahkan Arsenal. Mereka juga pernah mengalahkan FC Porto di Piala Winners 1984.Saat ini, Wrexham bermain di Conference Premier, selevel divisi lima Liga Inggris.

9. Notthingham Forest (1865)

Notthingham Forest didirikan pada 1865, namun baru tampil di ajang profesional Inggris pada 1888. Mereka pernah berjaya di level tertinggi Liga Inggris. Mereka pernah jadi juara Liga Inggris 1977/78 dan memenangkan dua Piala FA.

Di Eropa, nama mereka juga sempat menjulang saat memenangkan Liga (Piala) Champions dua musim berturut-turut 1978/79 dan 1979/80. Saat ini, mereka bermain di Kompetisi Championship, selevel di bawah Liga Primer Inggris.

8. Brigg Town F.C. (1864)

Klub ini didirikan di Brigg, North Licolnshire, Inggris. Hingga saat ini, Brigg Town masih aktif bertahan.

Hanya memang, sejak dulu, mereka tidak pernah bermain di level profesional. Saat ini, Brigg Town berlaga di Northern Premier League Division One South, atau selevel dengan divisi 8 Liga Inggris.

7. Bradford Park Avenue A.F.C. (1863)

Bradford Park Avenue berbeda dengan Bradford City yang sempat tampil di Liga Primer Inggris pada musim 2000/01. Bradford Park sempat mengalami reformasi pada tahun 1970 dan kembali aktif pada 1988.

Saat ini, klub yang bermarkas di Horsfall Stadium ini tampil di Northern Premier League Division One North, atau selevel dengan divisi 8 Liga Inggris. Saat ini, mereka dilatih Darren Edmondson.

6. Stoke City F.C. (1863)

Stoke City merupakan satu-satunya dari 10 klub tertua di dunia yang bermain di level tertinggi sepak bola Inggris, Liga Primer. Saat didirikan pada 1863, nama awal Stoke adalah Stoke Ramblers F.C.

Pertama kali mereka tampil di Liga Primer pada musim 2006/07 usai jadi runner-up di Championship musim sebelumnya. Saat ini, Stoke juga masih tercatat sebagai salah satu “”kuda hitam” Liga Primer Inggris.

5. Notts County F.C. (1862)

Notts County bisa disebut sebagai klub profesional tertua di dunia. Pada 1888, mereka jadi salah satu dari 12 yang ikut mendirikan Football League di Inggris. Dan, sejak itu, mereka selalu tampil.

Prestasi terbaik Notts County adalah saat memenangkan Piala FA 1894, setelah menjadi runner-up pada 1891. Saat ini Notts County bermain di League One, selevel dengan kasta ketiga di Liga Inggris.

4. Worksop Town F.C. (1861)

Sejak didirikan pada 1861, Worksop Town tetap tercatat sebagai klub semi-profesional. Saat ini, pun mereka masih bermain di Northern Premier Leauge, selevel dengan kasta ketujuh Liga Inggris.

Bahkan, di ajang Piala FA, mereka juga sulit unjuk gigi. Prestasi terbaik mereka hanya menembus babak 64 besar Piala FA, sebanyak empat kali.

3. Cray Wanderers F.C. (1860)

Cray Wanderers merupakan klub tertua yang berasal dari Selatan Inggris. Di Selatan, level amatir, mereka cukup berjaya, salah satu dengan memenangkan banyak gelar Kent League.

Wanderes baru masuk level semi-pro pada 1950-an. Seperti Worksop Town, mereka masih bermain di Northern Premier Leauge, selevel dengan kasta ketujuh Liga Inggris.

2. Hallam F.C. (1860)

Awalnya, Hallam merupakan klub kriket. Namun, lama-lama berevolusi menjadi klub sepak bola dan ikut berkompetisi di berbagai ajang amatir. Mereka pertama kali tampil di ajang sepak bola amatir pada 1867.

Saat ini, Hallam menggunakan stadion kandang mereka, Stadion Sandygate. Stadion Sandygate, tercatat dalam Guinnes Book of Records sebagai stadion sepak bola tertua di dunia.

1. Sheffield F.C. (1857)

Klub yang berasal dari Sheffield, South Yorkshire, Inggris ini dinobatkan sebagai klub tertua di dunia oleh FA dan FIFA. Sheffield memainkan laga pertama mereka pada 1867 lawan Hallam.

Saat ini mereka bermain di Northern Premier League Division One South, selevel dengan kasta kedelapan Liga Inggris. Sheffield pernah mendapat kehormatan dari FIFA berupa Order of Merit. Nama mereka juga masuk dalam English Football Hall of Fame.

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!