3 Cara Jitu Temukan Karier Impian

redaksi.co.id - 3 Cara Jitu Temukan Karier Impian Setiap orang harus mampu menemukan pekerjaan yang cocok dengan dirinya. Hal ini dilakukan agar orang tersebut mampu untuk...

38 0

redaksi.co.id – 3 Cara Jitu Temukan Karier Impian

Setiap orang harus mampu menemukan pekerjaan yang cocok dengan dirinya. Hal ini dilakukan agar orang tersebut mampu untuk menggapai sukses dengan lebih mudah. Pekerjaan yang cocok dengan minat yang dimiliki akan terasa lebih bahagia ketika dijalankan.

Namun nyatanya masih banyak orang yang kesulitan untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Hal ini ternyata dapat ditanggulangi dengan beberapa cara sederhana. Melansir about.com, Kamis (14/4/2016) berikut tiga tipsnya:

1. Kenali diri sendiri

Sebelum menentukan karir yang ingin Anda jalani, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali diri Anda sendiri. Apa yang Anda minati, apa yang menjadi kelebihan, serta kekurangan Anda.

Jika Anda kesulitan menemukannya, mulailah dengan mendata minat atau hal-hal apa saja yang Anda sukai. Anda juga bisa mencarinya secara online untuk mengetahui minat apa yang sebenarnya Anda miliki.

2. Mendata minat dan kesukaan

Langkah yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah membuat daftar pekerjaan sesuai dengan minat anda. Anda juga dapat membuat daftar pekerjaan sesuai dengan bidang pendidikan Anda. Cari tahu juga kemungkinan lain, yaitu apakah pendidikan Anda masih bisa digunakan di bidang pekerjaan yang berbeda.

Setelah itu, berikan catatan seperti apakah lowongan pekerjaan di bidang itu cukup banyak, seperti apa persaingannya, dan seperti apa kesempatan berkarir di sana.

Tidak ada salahnya juga berkonsultasi dengan teman atau saudara yang pernah bekerja di bidang yang sama untuk mendapatkan wawasan lebih mendalam.

3. Tentukan Fokus tujuan

Setelah daftar pekerjaan telah dibuat, kini saatnya Anda menentukan fokus dari karier Anda.Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya, Anda tidak ingin jam kerja yang terlalu panjang atau Anda tidak peduli dengan jam kerja panjang asal gaji yang ditawarkan sepadan.

Informasi seperti ini bisa Anda dapat jika banyak bertanya ke mereka yang sudah bekerja di bidang tersebut sebelumnya. (Vna/Zul)

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!