Baru Lulus Kuliah, Ketahui 5 Hal Soal Keuangan Ini

86

redaksi.co.id – Baru Lulus Kuliah, Ketahui 5 Hal Soal Keuangan Ini

Lulus dari perguruan tinggi dan memiliki gelar, menandakan kalau Anda sudah siap untuk masuk kehidupan di dunia pekerjaan. Selain itu, Anda juga dituntut untuk siap dengan tanggung jawab finansial pribadi. Anda harus mengatur segala keperluan maupun kebutuhan seorang diri.

Bila Anda adalah salah satunya, atau memiliki anak yang sedang mengalami fase ini, maka penting untuk memulai segala bentuk edukasi mengenai keuangan. Wajar bila Anda ataupun anak Anda memiliki banyak keinginan untuk dipenuhi.

Ubah pemikiran Anda ataupun anak Anda mengenai uang untuk langkah awal edukasi. Melansir dari money.usnews.com, Minggu (17/4/2016) berikut 5 hal penting yang paling tidak harus dipahami tentang keuangan.

1. Pekerjaan pertama tidak hanya soal gaji

Tentunya setelah lulus Anda akan langsung mencari pekerjaan untuk mulai berkarir. Namun ingatlah untuk tidak hanya mencari gaji yang sesuai, tetapi juga kesejahteraan bagi karyawan termasuk dana pensiun.

Anda harus memikirkan biaya hidup maupun pajak saat memilih pekerjaan. Semua itu akan menyangkut perjalanan jangka panjang dalam karir Anda.

2. Pikirkan dana pensiun sedini mungkin

Bila perusahaan yang dipilih menawarkan dana pensiun, maka Anda bisa mengambilnya meski berpikir tidak akan berada di perusahaan tersebut dalam jangka panjang.

Tidak ada yang menjamin Anda bisa menemukan pekerjaan baru di kemudian hari. Selalu pertimbangkan masa depan Anda saat memilih pekerjaan.

3. Pikir dua kali bila ingin memiliki kartu kredit

Hal ini sering Anda dengar, namun sangat penting bila di kemudian hari Anda menginginkan barang yang mahal, namun gaji berkata lain. Banyak yang memiliki kartu kredit tidak memikirkan efek jangka panjang saat mereka menggunakannya.

Memang tidak terasa bila Anda hanya membeli barang-barang seperti ponsel atau tablet. Tapi sekali lagi, ingatlah efek jangka panjang yang akan diperoleh.

4. Ingat untuk selalu menabung

Tidak hanya menghemat pengeluaran, namun Anda juga perlu menabung. Anda bisa memiliki dua rekening, yaitu giro dan tabungan. Salurkan gaji Anda menjadi dua bagian tersebut. Kelak, Anda akan bersyukur karena memiliki simpanan untuk saat-saat yang tidak terduga.

5. Selalu buat anggaran

Hal satu ini sering diabaikan. Padahal, jika Anda membuat anggaran, ini bisa menjadi evaluasi segala pengeluaran. Prioritas Anda bisa ditentukan secara bijak setelah menyadari kemana saja uang Anda terpakai.

Dengan memiliki anggaran, maka Anda juga akan menumbuhkan rasa khawatir di kemudian hari bila ingin membeli hal yang tidak dibutuhkan. (Shabrina Aulia Rahmah/nrm)

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!