Aston Villa Resmi Terdegradasi

170

redaksi.co.id – Aston Villa Resmi Terdegradasi

Aston Villa resmi mengucapkan selamat tinggal kepada Liga Primer Inggris. Kekalahan 1-0 dari Manchester United di Old Trafford, Sabtu (16/4) malam WIB, membuat nasib mereka sudah tak bisa terselamatkan.

Villa, yang menghuni urutan buncit sejak Oktober lalu, hanya mampu mengoleksi 16 poin dan tiga kemenangan di sepanjang musim ini.

Dengan musim menyisakan empat laga dan sudah berjarak 15 poin dari Norwich City di batas aman, Villa dipastikan turun kasta dan akan berlaga di divisi Championship mulai musim depan.

Tak pelak, ini merupakan kabar yang sangat menyedihkan bagi klub asal West Midlands tersebut, mengingat terakhir kali mereka terdegradasi dari divisi teratas terjadi pada musim 1986/87. Itu artinya, sejak era Liga Primer mulai bergulir pada 1992, Villa belum pernah terdegradasi, sampai hari ini tiba.

Sepanjang keikutsertaan mereka divisi teratas sepakbola Inggris, Villa sudah mengoleksi tujuh kali juara liga dengan gelar terakhir dicatat pada 1981.

Tim yang bermarkas di Villa Park ini juga sukses merengkuh tujuh Piala FA dan lima Piala Liga. Mereka bahkan pernah sekali menjadi raja Eropa dengan menjuarai Piala Champions 1982.

The Villans juga menjadi klub tempat lahirnya para bintang Liga Primer di antaranya Dwight Yorke, Gareth Barry, James Milner, Ashley Young, hingga Christian Benteke.

Kembali ke musim 2015/16 di mana keterpurukan Villa bermula. Dua kali pergantian manajer terjadi. Mengawali musim bersama Tim Sherwood, yang lantas dipecat pada Oktober, digantikan oleh Remi Garde, sebelum Erik Black menjadi caretaker sejak akhir Maret lalu.

Dua tim lain yang bakal menyusul Villa ke Championship masih belum ditentukan. Norwich, Sunderland, dan Newcastle United masih bersaing ketat di papan bawah, sementara posisi Crystal Palace dan Watford juga belum aman.

(red/ovi/riawan/NT)

loading...

Comments

comments!