4 Fakta Alpha Centauri, Sistem Bintang yang Bikin Penasaran Stephen Hawking

redaksi.co.id - 4 Fakta Alpha Centauri, Sistem Bintang yang Bikin Penasaran Stephen Hawking Misi paling ambisius eksplorasi ruang angkasa baru saja diluncurkan. Stephen Hawking bersama dengan...

38 0

redaksi.co.id – 4 Fakta Alpha Centauri, Sistem Bintang yang Bikin Penasaran Stephen Hawking

Misi paling ambisius eksplorasi ruang angkasa baru saja diluncurkan. Stephen Hawking bersama dengan miliuner Rusia Yuri Milner ingin mencari tahu soal sistem bintang Alpha Centauri menggunakan satelit mini nanocraft. Dilansir dari LiveScience, berikut ini 4 fakta mengenai Alpha Centauri:

Alpha Centauri bukanlah bintang

Alpha Centauri bukanlah bintang, namun sistem bintang. Menurut Badan Antariksa AS (NASA) sistem ini memiliki tiga bintang yaitu Proxima Centauri, Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B. Proxima Centauri adalah bintang yang paling redup. Sementara, Alpha Centauri A dan B lebih terang dan membentuk sistem biner. Jarak Bumi ke matahari adalah 150 juta km. Sementara jarak antara Alpha Centauri A dan B terletak 23 kali lebih jauh dibandingkan jarak bumi dan matahari.

Alpha Centauri sangat jauh

Proxima Centauri terletak 39 triliun jaraknya dari Bumi, atau 4,22 tahun cahaya dari bumi. Artinya, dibutuhkan waktu 4,22 tahun jika manusia ingin menuju ke sana dengan kecepatan cahaya. Alpha Centauri A dan B yang terletak lebih jauh dari Bumi jaraknya sekitar 4,35 tahun cahaya. Terobosan yang dilakukan Stephen Hawking dan kawan-kawannya secara teoritis memungkinkan nanocraft bisa meraih Alpha Centauri dalam waktu 20 tahun.

Alpha Centauri memiliki planet

pada tahun 2012, peneliti mengumumkan Alpha Centauri memiliki planet suukuran Bumi yang mengorbit kepada bintang Alpha Centauri B. Planet ini berbatu dan memiliki massa yang mirip dengan Bumi. Planet yang diberi nama Alpha Centauri Bb ini bisa menjadi bukti bahwa mungkin ada planet lain yang bersembunyi dari sistem bintang ini.

Alpha Centauri terang dan tua

Menurut laporan Space.com, Alpha Centauri A adalah bintang keempat yang paling terang di langit malam. Bintang ini juga merupakan bintang kuning, sama seperti Matahari meski ukurannya 25 persen lebih besar. Sementara, Alpha Centauri B adalah bintang orange yang sedikit lebih kecil dibanding matahari. Sedangkan, Proxima Centauri adalah katai merah yang sekitar 7 kali lebih kecil dibandingkan matahari,

(red//ainuddin/MZ)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!