Irjen Pol. Ronny F Sompie Jabat Kapolda Bali, Brigjen Pol. Anton Charliyan Jadi Kadiv Humas

JAKARTA Redaksi.co.id – Di tengah meredanya konflik Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mabes Polri melakukan pergeseran para perwiranya.Inspektur Jenderal Polisi Drs. Ronny...

98 0

JAKARTA Redaksi.co.id – Di tengah meredanya konflik Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mabes Polri melakukan pergeseran para perwiranya.

Inspektur Jenderal Polisi Drs. Ronny F Sompie, SH, MH yang sebelumnya sangat populer sebagai Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas), diangkat menjadi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali menggantikan Irjen (Pol) Albertus Julius Benny Mokalu yang kini menjadi staf ahli Kapolri.

Pergantian Ronny berdasarkan surat telegram Kapolri bernomor 494/III/2015 yang dikeluarkan pada 5 Maret 2015.

Ronny F Sompie, lulusan Akademi Kepolisian 1984 yang lahir di Manado, Sulawesi Utara, 17 September 1961, menjabat Kepala Divisi Humas Polri sejak 12 Juni 2013 menggantikan Irjen Suhardi Alius. Sebelum menjabat Kadiv Humas Polri, Ronnie adalah Kepala Biro Pengawasan dan Penyidikan Badan Reserse Kriminal Polri.

Sedangkan posisi Kadiv Humas yang sebelumnya ditempati Ronny F Sompie, digantikan oleh Brigadir Jenderal Polisi Anton Charliyan yang sebelumnya menjabat Kepala Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Lembaga Pendidikan (Lemdikpol) Polri. Dan jabatan Anton digantikan Brigjen Racmad Fudail yang selama ini menjabat sebagai Widyaiswara Madya Polri.

Anton Charliyan, asal Jawa Barat ini diketahui satu angkatan dengan Ronny di Akademi Kepolisian tahun 1984. Bahkan, Anton pernah bertugas bersama-sama saat di Jawa Timur. Anton sudah menjabat Karobindiklat Lemdikpol selama 3 tahun 3 bulan. Anton banyak mengenyam pendidikan di reserse, yang nampaknya merupakan salah satu latar belakang yang dibutuhkan sebagai Kadiv Humas.
Serah terima jabatan (Sertijab) dilakukan Selasa 17 Maret 2015 lalu, berikut sejumlah perwira lainnya. Beberapa posisi lainnya yang akan serah terima dan mengalami pergantian.

Para perwira yang berganti posisi tersebut yaitu: Brigjen (Pol) Wilmar Marpaung, Kepala Biro Pembinaan dan Operasional Bareskrim Polri diangkat menjadi Kepala Polda Sulawesi Utara. Brigjen (Pol) Jimmy Palmer Sinaga, Kapolda Sulawesi Utara, dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri, memasuki pensiun.

Upacara sertijab itu dipimpin langsung oleh Wakapolri Komisaris Jendral Polisi Badrodin Haiti di Gedung Ruang Rupatama, Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia,Jalan Truno Joyo, Jakarta Selatan. “Kepada Kapolda yang baru selamat menempuh tantangan,” kata Badrodin.

Selain itu diketahui, Komisaris Besar Erwin Triwanto, Kabagjiansosmas Bidppitk Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol) diangkat sebagai Kepala Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. Brigjen (Pol) Oerip Soebagyo, Kapolda DI Yogyakarta, dimutasikan sebagai Wakil Ketua Bidpptik STIK.

Mutasi perwira lainnya yaitu: Irjen Sadar Sebayang Jabatan Baru Kepala Sespim Polri; Brigjen (Pol) Musyafak, Kepala Biro Kurikulum Lemdikpol, menjabat Wakil Kepala Polda Jawa Tengah. Musyafak menggantikan Brigjen (Pol) Slamet Riyanto yang dimutasikan sebagai Wakil Ketua Binkermadianmas STIK.

Adapun Kombes Bonifasius Tampoi, Irbidjemenopsnal I Itwil V Itwasum Polri, diangkat menjabat Wakil Kapolda Lampung. Tampoi menggantikan Kombes Winarno yang dimutasikan sebagai Seslem Sespim Polri. Sementara Kombes Johni Latuperrisa, analis Kebijakan Madya Bidang Litbang di Puslitbang Polri, diangkat menjadi Wakil Kapolda Maluku Utara. Sementara Kombes Fatkhur Rahman, Kabagjiansis Rojianstra Sops Polri, diangkat menjadi Wakil Kepala Polda Kalimantan Selatan.

Sementara itu diketahui, banyak ucapan selamat kepada Ronny atas jabatan barunya sebagai Kapolda Bali. Hal itu terlihat dari banyaknya bunga papan dan tanggapan di media sosial.

Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd, MA, MSc yang juga hadir pada acara sertijab mengatakan, Irjen Ronny memang sudah sangat layak pada jabatan tersebut.

“Tentu pak Ronny sudah sangat layak jadi Kapolda Bali. Kita terus mendukung fungsi Polri sebagai penegak hukum sekaligus pengayom masyarakat. Kita juga berharap, Kadiv Humas yang baru dapat tetap menjalin kerjasama dengan PPWI, terutama dalam hal jurnalisme warga,” kata Wilson Lalengke kepada Redaksi.co.id, tadi pagi, di kantor DPN PPWI di bilangan Jakarta Barat.

Sedangkan kehadiran Irjen Pol Ronny F Sompie di Mapolda Bali, 19 Maret 2015, disambut dengan tarian Hanoman sebagai tradisi penyambutan Bali. Upacara dipimpin langsung oleh mantan Kapolda, Irjen (Pol) Albertus Julius Benny Mokalu. (DANS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!