Terpidana Mati Yusman Segera Dipindahkan ke Medan

 CILACAP Redaksi.co.id -Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan segera memindahkan terpidana mati Yusman Telaumbanua dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, ke...

84 0

 

CILACAP Redaksi.co.id -Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan segera memindahkan terpidana mati Yusman Telaumbanua dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batu, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, ke Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatra Utara.

Kepada wartawan usai mendampingi rombongan Komisi III DPR RI yang melakukan kunjungan kerja di Lapas Batu,Pulau Nusakambangan, Kepala Lapas Kelas I Batu Marasidin Siregar di Dermaga Wijayapura,Cilacap pada 27 Maret lalu mengungkapkan, persetujuan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan sudah ada,pihaknya saat ini sudah bersiap-siap,tinggal tunggu waktunya saja.

Menurut dia, pemindahan Yusman dari Lapas Batu ke Lapas Tanjung Gusta akan dilaksanakan dalam waktu dekat,semua sudah disiapkan termasuk pengawalan.

Hal yang sama juga disampaikan aebelumnya,oleh Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait usai menemui Yusman Telaumbanua di Lapas Batu, Nusakambangan, Rabu (25/3). Dia mengatakan bahwa pihaknya akan meminta agar Yusman Telaumbanua dikembalikan ke Lapas Tanjung Gusta, Medan.

Selain itu,kata dia, pihaknya akan membantu Yusman untuk mengajukan peninjauan kembali (PK) dengan bukti-bukti baru agar terpidana itu tidak dihukum mati.

Proses hukumnya bukan tawar-menawar dia hukuman mati atau tidak tetapi kalau dia betul-betul seperti apa yang ditemukan, sesuai dengan keterangan dari Yusman,tidak ada hukuman mati untuk anak-anak.

Oleh karena itu, pihaknya akan minta proses hukumnya untuk mengembalikan Yusman, kalaupun dia bersalah melakukan pembunuhan,dia maksimal hanya 10 tahun penjara,tidak dibenarkan oleh hukum Indonesia maupun internasional itu hukuman mati.

Dijelaskan, kedatangan Komnas PA bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise ke Lapas Batu itu untuk mengklarifikasi usia Yusman saat divonis mati oleh Pengadilan Negeri Gunungsitoli,Nias,Sumatra Utara,pada tanggal 21 Mei 2013.

Yusman Telaumbanua dan Rasulah Hia divonis mati atas kasus pembunuhan berencana terhadap Kolimarinus Zega,Jimmi Trio Girsang,dan Rugun Br. Haloho, pada 24 April 2012 silam.
Ketika vonis mati itu dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Yusman dilaporkan masih berusia 16 tahun karena dia diketahui lahir pada tanggal 5 Agustus 1996 sesuai dengan surat baptis dari gereja.

Keduanya kini mendekam di Lapas Batu, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, setelah dipindahkan dari Lapas Tanjung Gusta, Medan, Sumatra Utara, pada tanggal 17 Agustus 2013 bersama 20 narapidana lainnya. (Taslim)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!