Korupsi Terkuak, Ratusan Nelayan Akan Segel Pulau Reklamasi

redaksi.co.id - Korupsi Terkuak, Ratusan Nelayan Akan Segel Pulau Reklamasi Forum Kerukunan Nelayan Muara Angke akan menyegel pulau reklamasi yang berada di sekitar Teluk Jakarta, Minggu,...

30 0

redaksi.co.id – Korupsi Terkuak, Ratusan Nelayan Akan Segel Pulau Reklamasi

Forum Kerukunan Nelayan Muara Angke akan menyegel pulau reklamasi yang berada di sekitar Teluk Jakarta, Minggu, 17 April pagi. Mereka menyiapkan 150 hingga 200 perahu yang akan mengantar ratusan nelayan menuju lokasi proyek itu.

“Ini adalah bentuk rasa bersyukur kami karena reklamasi akan dihentikan,” kata Saefudin, nelayan dari Muara Angke, saat dihubungi Tempo, Sabtu, 16 April 2016.

Saefudin mengatakan, para nelayan senang dengan terungkapnya kasus dugaan korupsi terkait reklamasi. Anggota Dewan Perwakilan Daerah DKI Jakarta Mohamad Sanusi ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi karena dugaan suap reklamasi.

Kasus ini, kata dia, membuktikan bahwa kegiatan reklamasi di Teluk Jakarta ilegal dan tidak berizin. Menurut dia, sejak pengurukan pasir dan tanah di laut, para nelayan tradisional menderita.

Selain kehilangan wilayah tangkap, nelayan juga mengecam reklamasi karena merusak lingkungan.

“Nelayan bukan harus dihilangkan,” ujar Saefudin. Ia juga adalah penggugat reklamasi Teluk Jakarta. Saefudin menjelaskan, rencananya pulau yang akan disegel adalah Pulau G, C, dan D.

“Kami menyegel hanya secara simbolis,” kata dia.

Nelayan dari Muara Angke, Kamal Muara, Kalibaru, dan Cilincing akan berkumpul di dermaga pelelangan ikan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain itu, mereka juga menyiapkan pementasan teatrikal bersama warga setempat. Tak hanya para nelayan, kegiatan ini juga didukung organisasi dan komunitas.

Seperti Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta, Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Jakarta, Wahana Lingkungan Hidup Jakarta, Kontras, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, LBH Jakarta, Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi (ForBali) Jakarta, hingga mahasiswa. REZKI ALVIONITASARI

(red/uhammad/irmansyah/MF)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!