Dinkes Cilacap Launching Video View Data Kesehatan

 CILACAP Redaksi.co.id -Setelah sempat diujicoba beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cilacap, Jumat (27/3) me-launching video view data kesehatan yang terkoneksi di seluruh kecamatan dengan data...

142 0

 

CILACAP Redaksi.co.id -Setelah sempat diujicoba beberapa waktu lalu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cilacap, Jumat (27/3) me-launching video view data kesehatan yang terkoneksi di seluruh kecamatan dengan data server berada di Dinkes.

Menurut Penjelasan Kepala Dinkes Cilacap,dr Bambang Setyono,MMR, video view merupakan inovasi berbasis teknologi informasi (IT) ini bisa diakses melalui website dilaman 36.82.106.126:82.

Penerapan teknologi tersebut, bertujuan untuk memudahkan dinas memantau seluruh aktivitas puskesmas di Cilacap. Sebab, setelah terkoneksi di seluruh puskesmas,maka petugas puskesmas wajib mengisi data setiap hari.

Lebih lanjut dikatakannya, video view bisa dilihat di ruang tunggu kantor dinas kesehatan untuk memudahkan dalam memantau seluruh aktivitas puskesmas.Mulai data kunjungan pasien, pelayan obat dan lainnya. Dengan begitu, jika ada kendala pelayanan di puskesmas,bisa langsung ditangani.

“Ini sangat memudahkan dalam memantau seluruh aktivitas puskesmas. Jika ada kendala pelayanan di puskesmas, bisa langsung ditangani,” jelas Bambang, tadi pagi.

Selain itu, video view tersebut juga menampilkan beragam informasi seputar kesehatan, pasien, obat ataupun aktivitas kedinasan. Dengan demikian,masyarakat bisa mendapatkan informasi yang akurat terkait kesehatan.

Teknologi ini juga akan sangat memudahkan kita ketika ada kunjungan dinas/pemerintah provinsi mapun pusat ataupun anggota dewan yang ingin mengetahui seputar informasi data kesehatan di Cilacap.
Sebab,seluruh data yang dibutuhkan sudah terekam semuanya.Kita tidak perlu repot-repot lagi membuka dokumen di buku ataupun komputer seperti sebelumnya, termasuk data rekam medik pasien juga ada.

Jika selama ini manual, terkadang saat pasien hendak berobat ke rumah sakit atau puskesmas di luar wilayahnya,data rekam medik sebelunya tidak dibawa.Tetapi dengan adanya teknologi ini, masyarakat tidak perlu repot karena semua sudah terekam.

Dengan adanya data tersebut, kata dia, maka dokter yang menangani pasien tersebut pun tidak akan salah mendiagnosa. Hal ini tentu akan dapat meminimalisir adanya kesalahan dokter maupun tenaga medis lainnya dalam menangani pasien.

“Penerapan teknologi semacam ini merupakan satu-satunya di Jawa Tengah. Bahkan ke depan, koneksi yang ada bisa diperluas seperti langsung kepada bupati atau dinas instansi lain, sehingga bupati pun bisa langsung memantau aktivitas kesehatan di Cilacap,” kata Bambang. (Taslim)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!