Peringati Hari Kartini, Rutan Pondok Bambu Lomba Fashion Show

redaksi.co.id - Peringati Hari Kartini, Rutan Pondok Bambu Lomba Fashion Show Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur menggelar lomba upacara dan sejumlah acara lainnya untuk memperingati Hari...

44 0

redaksi.co.id – Peringati Hari Kartini, Rutan Pondok Bambu Lomba Fashion Show

Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur menggelar lomba upacara dan sejumlah acara lainnya untuk memperingati Hari Kartini. Lomba tersebut juga merupakan rangkaian HUT Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).

Puluhan warga binaan di rumah tahanan klas II A Pondok Bambu itu antusias mengikuti perlombaan.

Pantauan Liputan6.com, dalam lomba upacara yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB, warga binaan berbaris rapi dan khidmat. Ada 4 tim yang secara bergantian menampilkan kemampuan mereka menjadi petugas upacara.

“Acara hari ini dalam rangka lomba pengibaran bendera. Di sini kita ingin menggelorakan semangat Ibu Kartini bagaimana beliau berjuang untuk negara ini. Ternyata semangat warga binaan sangat tinggi,” tutur Kepala Rutan Pondok Bambu Sri Susilastri di lokasi, Kamis (21/4/2016).

Dalam lomba ini, bendera yang digunakan adalah merah biru. Alasannya, bendera merah putih diperuntukkan ketika upacara resmi.

“Merah putih kan untuk upacara yang sebenarnya. Biru putih ini maksudnya ya kita sedang lomba upacara bendera,” terang dia.

Sri menjelaskan, warga binaan dilatih oleh taruna aktif untuk lomba pengibaran bendera selama 2 minggu. Mereka yang turut serta adalah perwakilan dari sejumlah paviliun di rutan.

Ada sejumlah agenda untuk hari ini. Ada juga lomba fashion show yang melibatkan warga binaan dan petugas rutan. Dalam lomba itu, 19 warga binaan dan 3 petugas rutan akan menggunakan seragam tradisional.

“Habis gelap terbitlah terang. Ini yang ingin kita gelorakan. Baju fashion show itu dibawain keluarga. Ada aja. Itu menunjukkan semangat mereka,” lanjut Sri.

Sri merencanakan, setiap bulan pada tanggal 17, akan diadakan upacara serupa untuk meningkatkan nasionalisme para warga binaan di Rutan Pondok Bambu.

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!