Begini Penampakan Para Tentara Lebah

129

redaksi.co.id – Begini Penampakan Para Tentara Lebah

Kepalanya kecil, tapi berkaki besar. Bukan hanya kakinya yang besar, tapi tubuhnya juga lebih besar dan lebih berat. Itulah ciri lebah tentara, yang baru ditemukan oleh peneliti dari sebuah koloni lebah penyengat Brasil.

Lebah tentara ini adalah sekelompok lebah yang bertugas melindungi koloni mereka dari serangan musuh. Lebah Jatai adalah spesies lebah pertama yang diketahui memiliki kelas tentara.

Lebah tentara, yang diidentifikasi dari koloni lebah Brasil ini, berukuran lebih besar dan lebih berat ketimbang lebah pekerja. Mereka selalu berada di dalam sarang dan menjaga pintu masuk.

Sebuah tim peneliti dari Sussex University dan University of Sao Paulo mempelajari lebah Jatai (Tetragonisca angustula) yang hidup dalam koloni berisi 10 ribu individu. Koloni ini tinggal dalam rongga dinding, batang pohon, atau di dalam tanah.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences ini mengungkap penemuan bahwa lebah tentara Jatai bertubuh 30 persen lebih berat daripada teman-teman penjelajah mereka. Lebah tentara juga memiliki kaki lebih besar, tapi kepalanya lebih kecil.

Lebah tentara berjaga pada liang yang mengarah ke pintu masuk sarang untuk memberi peringatan dini jika ada serangan dari lebah perampok. Kumpulan lebah perampok tak segan menyerang demi merebut makanan di dalam sarang. Serangan mereka dapat membunuh seluruh anggota koloni lebah Jatai.

Penelitian terbaru ini menunjukkan bahwa lebah tentara Jatai tidak seperti lebah penjaga di koloni lebah madu, yang secara fisik khusus bertugas melindungi ratu mereka.

Francis Ratnieks, profesor pemeliharaan lebah di Sussex, mengatakan penemuan ini penting untuk mengetahui evolusi dalam masyarakat serangga yang maju. Ratnieks adalah salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini.

“Tentara pekerja bertubuh besar telah lama dikenal di kelompok semut dan rayap, tapi ini adalah bukti pertama tentang lebah tentara,” kata dia. “Kelas pekerja biasanya secara fisik dirancang untuk aktif mempertahankan sarang mereka.”

PROCEEDINGS OF NATIONAL ACADEMY OF SCIENCES | AMRI MAHBUB

(red//ainuddin/MZ)

loading...

Comments

comments!