Pabrik Mebel Milik Jokowi Terbakar

redaksi.co.id - Pabrik Mebel Milik Jokowi Terbakar Bencana kebakaran melanda usaha milik keluarga Presiden Jokowi. Pabrik mebel PT Rakabu Sejahtera (RS) terletak di kawasan industri permebelan...

36 0

redaksi.co.id – Pabrik Mebel Milik Jokowi Terbakar

Bencana kebakaran melanda usaha milik keluarga Presiden Jokowi. Pabrik mebel PT Rakabu Sejahtera (RS) terletak di kawasan industri permebelan di Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jateng, ludes dilalap ‘si jago merah’, Selasa (19/4) petang.

Musibah kebakaran pabrik mebel kelas atas berada di jalan raya Solo-Purwodadi Km 14 terjadi pukul 16.30 WIB. Belum diketahui persis penyebab bencana kebakaran yang kedua melanda usaha milik keluarga kepala negara.

Bencana serupa terjadi saat Jokowi hendak mencalonkan diri Gubernur DKI, melanda pabrik mebel di LIK (Lingkungan Industri Kecil) Pabelan, Kecamatan Kartosuro, Kabupaten Sukoharjo.

Kebakaran terjadi sejak pukul 16.30 WIB. Camat Kalijambe, Kabupaten Sragen, Thoyib, menduga penyebab kebakaran dari oven pengering kayu. Api pertama kali menjalar dari mesin pengering kayu. Lalu, kobaran menjalar ke area tumpukan bahan material kayu dengan cepat.

“Kobaran api terus membesar,” katanya.

Kobaran api terus membesar, karena seluruh isi gedung pabrik berisi bahan material kayu kering, sebagian kayu olahan basah yang mudah terbakar. Tujuh unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi bencana kebaran terlambat. Kobaran api sudah menjalar ke seluruh area gedung yang berisi bahan kayu jadi dan setengah jadi.

Termasuk satu unit kendaraan Water Canon milik Polresta Solo dikerahkan ke lokasi bencana untuk membantu memadamkan kobaran api. Namun, mobil yang biasa untuk ‘mengusir’ massa unjuk rasa tiba di lokasi seluas satu hektar pukul 18.30 WIB. Kobaran api sulit dipadamkan.

Amukan si jago merah melahap lima unit gedung pengolahan kayu. Di sana kobaran api paling besar, karena menumpuk material kayu olahan dan bahan setengah jadi.

Lima unit mobil dikerahkan konsentrasi untuk memadamkan kobaran api di sini. Kobaran api dipadamkan hingga 19.30 WIB. Namun, masih ada beberapa sudut lokadi api masih membara.

Seluruh bahan material kayu olahan, kayu gelondongan, dan bahan setengah jadi ludes terbakar manjadi arang. Isi gudang berupa tumpukan kayu mentah dan olahan musnah tak berbekas.

“Biasanya, gedung penuh kayu olahan yang sudah dikeringkan, kayu gelondongan, bahan setengah jadi. Sekarang ludes habis,” ujar Suharno (45) seorang pekerja.

Saat kebakaran terjadi sebagian karyawan masih bekerja. Beberapa di antara mereka ada yang berusaha memadamkan api dan menyelamatkan diri. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Belum ada pihak perusahaan yang dimintai keterangan sehubungan bencana ini. Juga belum diketahui kerugian akibat kebakaran ini.

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!