Google Doodle Tampilkan Sketsa Kartini

    303

    redaksi.co.id – Google Doodle Tampilkan Sketsa Kartini

    Gambar seorang perempuan bersanggul memengang buku yang ditahan di atas lengannya terlihat ketika mengaktifkan mesin pencairan Google pada Kamis 21 April 2016. Gaun kebayanya khas milik seorang putri pejabat di masa lalu. Berlatar rumah dan pohon, sebuah pigura oval membatasi sketsa itu.

    Warna cokelat muda mendominasi gambar hingga terkesan itu sebagai gambar tua. Melihat gambar itu, sebagian orang pasti langsung mengenalinya. Raden Adjeng Kartini. Perempunan pendobrak untuk emansispasi kaum hawa pribumi. Pada hari lahirnya kali ini Google menempatkannya di halaman muka atau biasa disebut Google Doodle .

    Gambarnya bisa dilihat di huruf O kedua dari tulisan Google . Kalo tak mengenalinya, seperti biasa, arahkan kursor ke gambar itu, maka muncul tulisan, Hari lahir Kartini ke-137. Ketika diklik, data-data hasil pencarian mengenai RA Kartini akan terpampang di layar monitor anda.

    Kartini merupakan perempuan priyayi Rembang, Jawa Tengah. Lahir 21 April 1879 dari pasangan Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dan M. A. Ngasirah. Tak seperti perempuan di masanya, Kartini gemar membaca, menulis buku dan media Eropa.

    Ia dinikahkan dengan Bupati Rembang, KRM Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat pada 12 November 1903. Kartini memiliki keinginan mendirikan sekolah wanita. Namun ia sudah meninggal di usia 25 tahun, hanya setahun setelah menikah. Cita-citanya baru terwujud setelah kepergiannya itu. Yayasan Kartini mendirikan Sekolah Kartini di Semarang tahun 1912.

    Yayasan didirkan oleh ahli Belanda dan ahli politik etis Conrad Theodore van Deventer. Sekolah itu kemudian didirikan pula di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon, dan daerah lainnya. Kartini punya kebiasaan mengirim surat kepada sahabatnya di Eropa. Tulisannya berupa keluh kesah mengenai kondisi sosial masyarakat atau pendapatnya yang di kemudian hari dikumpulkan dan dibukukan menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang . REZKI ALVIONITASARI

    (red/ovi/riawan/NT)

    loading...

    Comments

    comments!