Omega 3, Kunci Agar Sperma Pria Tetap Subur

210

redaksi.co.id – Omega 3, Kunci Agar Sperma Pria Tetap Subur

Kabar baik bagi pria yang memiliki tingkat kesuburan rendah. Asam docosahexaenoic atau biasa disebut DHA, yang selama ini berperan penting dalam perkembangan mata dan otak, juga mempengaruhi tingkat kesuburan pria.

DHA yang merupakan asam lemak omega-3 itu mampu mengubah kelainan sperma, dari semula berkepala bulat menjadi sperma perenang unggul dengan kepala berbentuk kerucut. Manabu Nakamura, peneliti dari University of Illinois di Urbana-Champaign, meneliti tikus knockout yang tidak mampu membuat DHA sendiri.

“Saya dan rekan-rekan menjadi tahu mengapa DHA sangat penting untuk sperma yang sehat,” katanya seperti tertulis dalam jurnal Biology of Reproduction . Seperti asam omega-3 lainnya, DHA banyak ditemukan pada ikan, terutama ikan perairan laut dingin dan ganggang hijau.

Bagi calon bapak yang tidak gemar menyantap ikan, makanan laut dan ganggang hijau bukan menjadi satu-satunya sumber DHA. Tubuh manusia dapat membentuk DHA dari asam lemak omega-3 lainnya. Dalam penelitian sebelumnya, Nakamura mempelajari tikus yang tidak memiliki enzim pembuat DHA.

Dari penelitian itu mereka menemukan, jika tikus tidak mendapat asupan DHA dari makanan, pejantannya akan mandul. “Kesuburan akan kembali jika mereka diberi makanan yang mengandung DHA,” katanya, seperti dikutip dari Live Science . Ihwal temuan ini, tim peneliti mempelajari perkembangan sperma tikus dalam kondisi kekurangan DHA.

Ternyata DHA berperan penting dalam pembentukan akrosom pada ujung kepala sperma. Akrosom adalah organel berstruktur runcing yang mengandung enzim dan membantu sperma menembus dinding luar sel telur, sehingga memungkinkan sperma membuahi sel telur. Nakamura mengatakan, kekurangan DHA pada manusia dan mamalia lainnya sebenarnya tidak lazim.

Sebab, manusia dan mamalia memiliki kemampuan membuat DHA sendiri dari asam lemak yang lain. Namun kerusakan enzim pembentuk DHA bisa menyebabkan kemandulan. Darah dengan kandungan DHA rendah berpengaruh pada penurunan tingkat kesuburan.

Asupan makanan kaya DHA bisa menyelesaikan masalah ketidaksuburan ini. “Selama sistem di dalam tubuh bekerja dengan baik, manusia dapat membuat DHA dalam tubuh mereka asalkan memiliki prekursor,” kata Nakamura. “

Tapi beberapa kelompok orang mungkin mengalami penurunan kemampuan untuk mensintesis DHA, sehingga dapat dibantu lewat makanan.” Dalam jangka panjang, akrosom bisa menjadi target untuk pil KB laki-laki, jika pembentukannya dapat dinyalakan atau dihentikan. “Namun para peneliti belum mempelajari hal ini,” ujarnya. BIOLOGY OF REPRODUCTION | LIVE SCIENCE | AMRI MAHBUB

(red/udianto/R)

loading...

Comments

comments!