Licin, Ini yang Bikin Samadikun Lolos 13 tahun dari Jaksa

redaksi.co.id - Licin, Ini yang Bikin Samadikun Lolos 13 tahun dari Jaksa Selama 13 tahun, koruptor kasus BLBI, Samadikun Hartono menjadi buronan Kejaksaan Agung. Sulit menangkap...

8 0

redaksi.co.id – Licin, Ini yang Bikin Samadikun Lolos 13 tahun dari Jaksa

Selama 13 tahun, koruptor kasus BLBI, Samadikun Hartono menjadi buronan Kejaksaan Agung. Sulit menangkap koruptor yang satu ini. Ini bahkan diakui Kepala BIN Sutiyoso. Itu karena Samadikun kerap berpindah-pindah tempat. Bahkan, kata Sutiyoso, Samadikun punya lima paspor dari dua negara yaitu Gambia dan Dominika.

“Mengapa sulit mencari para pelarian ini. Contohnya saja SH ini, mempunyai lima paspor, dari Dominika dan Gambia,” kata Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (21/4) malam.

Bahkan, Bang Yos menambahkan, Samadikun memakai nama-nama yang berbeda di paspor. Bang Yos menjelaskan, saat ditangkap aparat keamanan Tiongkok, Samadikun menggunakan paspor Gambia.

Atas nama Tan Cimi Abraham, imbuhnya.

Bang Yos bersama anak buahnya di BIN yang berkoordinasi dengan otoritas Tiongkok untuk mengintai dan menangkap Samadikun pada 14 April lalu. Saat itu, Samadikun hendak menonton F1 di Shanghai, tempat pembalap Rio Haryanto berlaga. Ia pun berhasil dilumpuhkan di lokasi itu. Selama tujuh setelah penangkapan, ia mendekam di tahanan di Tiongkok. Baru Kamis malam ia tiba di tanah air bersama Bang Yos.

Usai dari Bandara Halim, Samadikun langsung digelandang ke Kejagung sekitar pukul 22:20 WIB. Setibanya di Kejagung, Samadikun tak banyak bicara. Samadikun langsung diboyong ke ruang penyidik Pidana Khusus Kejagung untuk mengikuti serangkaian pemeriksaan. Termasuk pemeriksaan kesehatan. Saat ditangkap, ia diketahui memilih penyakit tertentu. (boy/flo/)

Artikel Menarik Lainnya:

Hidayat Nur Wahid Doakan Fahri Hamzah Diterima SBY dengan Baik

Ahok Perkenalkan Bus Transjakarta ‘Pinky’

Penemuan Puing Baru Petunjuk Keberadaan MH370

ISIS Eksekusi 250 Perempuan yang Menolak jadi Budak Seks

Tangis Cengeng Sang Pemutilasi

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!