Pintu Air Jebol Warga Dukuh Tanggulangin Khawatir

 KUDUS Redaksi.co.id - Ratusan warga masyarakat Desa Jatiwetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Jumat (3 April 2015 ) dini hari tak bisa tidur pulas lantaran pintu air saluran...

43 0

 

KUDUS Redaksi.co.id – Ratusan warga masyarakat Desa Jatiwetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Jumat (3 April 2015 ) dini hari tak bisa tidur pulas lantaran pintu air saluran pembuangan Kencing I, yang berada di bibir tanggul Sungai Wulan dekat pemukiman warga itu jebol.

“Semalaman saya tak bisa tidur, setelah mengetahui pintu air jebol pada sekitar jam 01.00,” kata perempuan Sumiatun (50) warga setempat.

Terlebih, lanjutnya, sekitar pukul 01.30, ada pengumuman di masjid, agar warga bersiap-siap menghadapi kemungkinan terburuk. Yakni tanggul ikut jebol, dan air melimpas ke pemukiman.

“Kami sangat khawatir deg-degan, dan masih trauma dengan bencana banjir awal tahun 2014 kemarin. Saat itu, rumah kami terendam hingga setinggi dada,” ungkapnya

Kondisi yang sama juga diungkapkan Watini, warga Tanggulangin lainnya. Ia pun semalaman tak tidur sibuk , mengemasi barang-barang berharga dan menempatkannya ke bagian lebih tinggi, mempersiapkan kemungkinan banjir
.
“Alhamdulillah sampai pagi air tak sampai masuk ke pemukiman,” ujar dia, bersyukur.

Camat Jati, Harso Widodo, mengatakan begitu mengetahui pintu air jebol, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Serang Lusi Juwana (BPSDA Seluna), dan pihak terkait lainnya. Ia pun meminta warga untuk terus waspda.

“Di samping itu, kami minta warga agar bergotong royong membantu perbaikan darurat. Pintu air yang rusak ditutup menggunakan bilah dan papan dari anyaman bambu,” ucap dia.

Menurutnya, jika debit air terus meninggi, permukiman penduduk di sepanjang aliran saluran pembuangan itu, akan terkena dampaknya. Antara lain, Dukuh Tanggulangin, Desa Tanjungkarang di RW 3 dan RW 7.

“Namun, semoga hal itu tak terjadi, dan kondisi ini dapat segera ditanggulangi,” harapnya. (Hasan)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!