Fakta di Balik Foto Menggemparkan 2 Singa yang Dituduh 'Gay'

186

redaksi.co.id – Fakta di Balik Foto Menggemparkan 2 Singa yang Dituduh 'Gay'

Sebuah foto yang menunjukkan dua singajantan sempat menggegerkan dunia maya. Sebab dalamgambar tersebut, kedua hewan berjenis kelamin sama itu nampak seperti sedang berhubungan seksual.

Foto yang diambil oleh fotografer Nicole Cambr di Botswana, lantas membuat para netizen berspekulasi bahwa kedua singa tersebut penyuka sesama jenis atau gay.

Namun seperti dikutip dari LiveScience, Jumat (22/4/2016), Kepala Lion Research Center di University of Minnesota, Craig Packer, membantah bahwa kedua singa tersebut adalah gay.

“Sebenarnya hal itu semacam memperkuat status dominan dari salah satu singa yang naik ke punggung singa lain,” ujar Packer.

“Monyet juga sering melakukannya, dan tak ada media yang menyebut monyet homoseksual,” tambahnya.

Menurut Packer, tingkah laku tersebut merupakan hal yang umum dilakukan oleh singa serta banyak spesies lain, dan tak boleh dianggap sebagai perilaku homoseksual pada hewan. Foto tersebut menunjukkan hubungan antar singa.

Singa jantan sangat berkompetisi untuk mendapatkan betina. Mereka biasanya membentuk kelompok terdiri dari dua atau tiga singa, yang disebut koalisi, untuk bekerja sama dan memenangkan betina.

Koalisi juga disebut sebagai bentuk kepedulian antar singa.

“Sangat menyeramkan jika singa hanya seorang diri di alam liar, mereka biasanya mencari teman,” ujar Packer.

“Dan ketika Anda melihat dua singa yang awalnya sendiri lalu menemukan kawannya, hewan itu akan sangat senang. Mereka saling menyayangi, namun bukan sebagai pasangan seksual,” imbuh Packer.

Sebelumnya, National Geographic mengira bahwa salah satu singa di dalam foto tersebut adalah betina, namun Packer membantahnya.

Packermemaparkan, dilihat dari ukuran tubuh dan kepala, serta terlihatnya kelamin jantan dari sisi belakang, hewantersebut jelas berjenis kelamin laki-laki.

Fotografer Cambr juga sangat yakin bahwa mereka adalah singa jantan.

(red/urista/urnamasari/NP)

loading...

Comments

comments!