Siapa Pemain Terbaik Manchester City Musim Ini?

redaksi.co.id - Siapa Pemain Terbaik Manchester City Musim Ini? Tak salah mengatakan ini merupakan musim naik dan turun bagi Manchester City. Mengawali lima pekan pertama Liga...

13 0

redaksi.co.id – Siapa Pemain Terbaik Manchester City Musim Ini?

Tak salah mengatakan ini merupakan musim naik dan turun bagi Manchester City. Mengawali lima pekan pertama Liga Primer Inggris dengan rekor 100 persen, plus tidak kebobolan, City kemudian didera inkonsistensi dan kans juara mereka pudar pada Februari menyusul tiga kekalahan tiga kekalahan konsekutif dalam periode krusial.

The Eastlands juga terlempar dari Piala FA, tetapi keputusan Manuel Pellegrini menurunkan pasukan belia melawan Chelsea di Stamford Bridge terjustifikasi seiring keberhasilan tim menjuarai Piala Liga sepekan berselang dan mengeliminasi Dynamo Kiev untuk menembus perempat-final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Sekarang City bahkan telah mencapai semi-final, dan akan terlibat bentrok dengan Real Madrid dalam dua leg demi tempat di final. Sejumlah performa kolektif nan impresif telah disajikan klub di Eropa, terutama di Seville dan Kiev dan laga kandang kontra Paris Saint-Germain, namun ada juga individu-individu yang amat menonjol sepanjang kampanye ini.

Joe Hart dan Bacary Sagna bisa selalu diandalkan, sementara pentingnya kehadiran Vincent Kompany semakin terasa nyata seturut kegamangan tim setiap kali sang kapten berhalangan tampil. KelechiIheanacho telah menunjukkan prospek menjanjikan kala mendapat kesempatan bertanding, dan dalam beberapa pekan terakhir Fernando terbukti vital untuk menjangkari lini tengah.

Namun, di antara seluruh anggota skuat, ketiga pemain di bawah inilah yang pantas memperoleh atensi ekstra spesial…

KEVIN DE BRUYNE

Kevin De Bruyne menikmati musim debut istimewa di Manchester City. Bintang Belgia ini ditebus dari Wolfsburg musim panas tahun lalu dengan harga 54 juta yang menjadi rekor pembelian termahal klub, namun ia terbukti pantas berbanderol tinggi.

15 gol dan 13 assist berbicara dengan sendirinya, tetapi lebih dari sekadar statistik, De Bruyne memainkan peran teramat krusial dalam musim City yang diwarnai turbulensi. Di saat Sergio Aguero dan David Silva terpaksa diparkir akhir tahun lalu, sang rekrutan anyar mencuat untuk membantu City membungkus lima kemenangan dan dua hasil imbang dalam tujuh laga tanpa dua pemain andalan tersebut.

De Bruyne juga menjadi kunci City mencapai final Piala Liga, dengan kontribusi terbesarnya muncul saat ia masuk dari bangku cadangan di second leg semi-final untuk membukukan satu gol dan satu assist untuk memberangkatkan The Sky Blues ke Wembley. Sialnya, pada detik-detik terakhir pertandingan itu De Bruyne diterjang cedera ligamen engkel dan lutut sehingga harus menepi sampai sepuluh minggu, termasuk melewatkan laga final.

Namun performanya langsung moncer saat kembali berlaga, dan kehadirannya vital untuk membawa City membalikkan situasi buruk tim menang hanya empat kali dan lima kali tumbang dalam 11 laga minus De Bruyne. Menandai momen comeback dengan gol ke gawang Bournemouth, De Bruyne terus berlari kencang setelahnya.

Ia selalu masuk papan skor dalam dua leg perempat-final Liga Champions versus PSG, termasuk torehan penentu di Etihad, dan akhir pekan lalu membuat Chelsea menyesal telah melepasnya.

FERNANDINHO

Fernandinho menjadi unsung hero City musim ini. Dalam sebuah musim ketika kebanyakan rekan setimnya mengalami labilitas, penggawa Brasil ini mampu menyajikan performa konsisten di lini tengah.

Ia lebih sering ditugaskan sebagai pelindung lini belakang meski sejatinya lebih baik digunakan untuk pendekatan yang lebih ofensif. Kerap bersanding dengan Yaya Toure, Fernandinho harus mengalah untuk membiarkan tandemnya leluasa merangsek ke depan, namun itu tak menghalanginya menjadi salah satu penampil terbaik Citizens musim ini.

Distribusi bolanya yang cepat dan cerdas membuat permainan Cityyang berlandaskan possession mampu mengalir dengan luwes, namun iajuga ikut berandil saat tim mengusung taktik serangan balik dengan high-pressing di Liga Champions, terutama dalam lawatan ke Seville, Kiev, dan Paris.Dalam dua leg melawan PSV Fernandinho melakukan sejumlah intersepsivital untuk mengawali kans dan gol-gol City, dan ia pastinya akan memainkan peran kunci kala tim menantang Real Madrid. Golnya dalam kemenangan kontra Liverpool di Piala Liga istimewa, tetapi sebagian besar kontribusinya tak terekspos. Itu toh tak mengurangi signifikansi peran Fernandinho bagi City.

SERGIO AGUERO

Sergio Aguero menemukan performa terbaik di saat tepat. Terlepas dari hantaman cedera yang mengganggunya musim ini ia telah melewatkan 12 pertandingan Kun mampu mencetak 27 gol di semua kompetisi, termasuk 18 sejak pergantian tahun.

Hat-trick ke gawang Chelsea pada akhir pekan plus satu torehan kontra Newcastle United, Selasa (19/4) lalu, membawa Aguero menembus milestone 100 gol di Liga Primer Inggris dan menjadi pemain tercepat kedua yang melakukannya setelah Alan Shearer. Striker Argentina ini juga merupakan pemilik rasio gol per laga terbaik dalam sejarah liga.

Sejauh ini Aguero telah mengoleksi 22 gol di EPL musim ini, setara dengan Jamie Vardy (Leicester City) dan tertinggal dua dari bintang Tottenham Hotspur, Harry Kane. Namun, pantas digarisbawahi kedua pemain tersebut mengumpulkan menit bermain jauh lebih banyak ketimbang Aguero.Dari musim ke musim eks penggedor Atletico Madrid ini telah menunjukkan betapa krusial kontribusinya untuk City, dan kampanye sekarang pun tak berbeda. Dengan masalah cedera sudah berlalu paling tidak saat ini dan semi-final Liga Champions melawan Real Madrid akan menjelang, bukan mustahil Aguero bakal semakin memukau.

Bagaimana menurut Anda, di antara tiga nomine di atas siapa yang pantas meraih predikat pemain terbaik Man City musim ini?

(red/ahyu/etyo/armawan/WSD)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!