Harapan Terakhir Manchester United-Everton

117

redaksi.co.id – Harapan Terakhir Manchester United-Everton

Usai melewati West Ham dengan susah payah di babak perempat final Piala FA, Manchester United sudah ditunggu lawan berat Everton pada babak semifinal yang akan berlangsung di Stadion Wembley pada, Sabtu (23/4) malam WIB. Kedua tim sama-sama hanya menyisakan gelaran Piala FA sebagai satu-satunya trofi yang bisa diraih musim ini.

Manchester United menang dramatis dalam laga ulangan melawan West Ham United di Boleyn Ground pada 14 April silam dengan skor 2-1. Laga ulangan dilakukan setelah pada laga pertama di Old Trafford the Red Devils hanya mampu bermain imbang 1-1. Penyerang muda Marcus Rashford dan gelandang kribo Marouane Fellani menjadi kunci United melangkah ke Wembley berkat sumbangan masing-masing satu gol di markas West Ham.

Setan Merah sudah sejak jauh-jauh hari melambaikan bendera putih dalam perebutan Liga Primer Inggris setelah tak mampu bersaing dengan Leicester City, Tottenham Hotspur, dan Arsenal di tiga besar klasemen. Sebelumnya skuat arahan Louis van Gaal tumbang ditangan Harry Kane dan kawan-kawan dengan skor 0-3 di White Hart Lane pada 11 April lalu.

Dengan kekalahan tersebut, United memang tak lagi berpeluang untuk menjuarai kompetisi liga. Namun, sang meneer tetap optimis bahwa skuatnya mampu finis di empat besar.

Rasa optimistis yang besar nyatanya terbukti di laga melawan Aston Villa pekan lalu. Kemenangan tipis 1-0 di Old Trafford membuat Van Gaal senang dengan performa timnya, apalagi melihat Wayne Rooney yang kembali dari cedera ligamen setelah absen pada 12 pertandingan sebelumnya. Selang empat hari, Kamis (21/4) dini hari WIB, United juga kembali memetik poin penuh setelah mengalahkan Crystal Palace 2-0.

“Saya pikir para pemain bermain dengan sangat baik. Kami juga sangat bersyukur karena Rooney kembali di saat yang tepat sebelum laga semifinal kontra Everton,” kata eks pelatih Ajax Amsterdam itu dikutip Manchester Evening News, Rabu (20/4).

Keseriusan Van Gaal untuk menjaga kans juara di Piala FA terlihat dengan keputusannya mengganti bintang mudanya, Marcus Rashford pada laga kontra Palace. Ia menjelaskan bahwa pemain 18 tahun itu perlu mendapatkan istirahat yang cukup agar dapat menjaga kondisi tubuhnya yang prima.

Dilansir laman resmi Manchester United, Van Gaal mengisyaratkan bahwa potensi Rashford sangat besar untuk bermain di semifinal FA. “Saya ingin dia (Rashford) tetap segar. Di liga ini memang saya akui melakukan banyak rotasi ketimbang saat saya melatih di liga lain,” tutur Van Gaal.

Jadwal padat memang sudah menjadi ciri khas bagi kompetisi di Inggris. Hal itu pun sudah menjadi keluahan beberapa pelatih tak terkecuali Van Gaal. Pelatih asal Belanda ini berujar, pasukan Iblis Merah harus terus menjaga konsistensi permainan dan fokus dalam rotasi pemain di sisa pertandingan yang mereka hadapi.

Sementara itu rapor minor kerap menghantui Everton pada enam laga terakhir. Skuat Roberto Martinez tidak pernah meraih kemenangan dengan raihan tiga kekalahan dan tiga hasil imbang. Terakhir, Kamis (21/4) dini hari WIB, mereka dibantai Liverpool 0-4 di Anfield.

Menjelang laga semifinal nanti, Martinez sangat berharap pada penampilan para pemainnya. “Tentu saja kami semua bersemangat melawat ke Stadion bersejarah (Wembley) di semifinal FA. Meski kami berada dalam periode buruk di beberapa partai saya meminta agar para pemain dapat tampil maksimal melawan Manchester United,” tegas dikutip laman resmi klub beberapa waktu lalu.

Martinez juga menilai bahwa pekan ini sangat menentukan, karena semua tim sedang berlomba-lomba untuk mengejar target mereka menjelang detik-detik akhir kompetisi. Dirinya juga menambahkan bahwa kemenangan atas Chelsea di perempat final FA membuktikan bahwa mentalitas mereka sangat baik untuk meraih gelar FA.

“(Partai melawan Chelsea) adalah buktikuat bagi kami bahwa kami serius dalam memenangkan gelar FA,” ujar pelatih asal Spanyol itu.

Musim ini, kedua klub sebelumnya sudah bertemu dua kali di pentas domestik. Berlaga di Stadion Old Trafford pada 3 April, the Toffes harus mengakui kekuatan United dengan skor 0-1. Sedangkan saat bermain di Goodison Park 17 Oktober 2015, Everton juga takluk 0-3. Laga kali ini bisa menjadi ajang balas dendam Merseyside Biru untuk memukul balik Setan Merah.

Lima Pertemuan Terakhir

03/04/16 Manchester United 1-0 Everton

17/10/15 Everton 0-3 Manchester United

26/04/15 Everton 3-0 Manchester United

05/10/14 Manchester United 2-1 Everton

20/04/14 Everton 2-0 Manchester United

Prediksi Susunan Pemain

Manchester United (4-2-3-1)

Pelatih : Louis van Gaal

Penjaga gawang : De Gea

Bek tengah : Smalling, Blind

Bek sayap kiri : Rojo

Bek sayap kanan : Darmian

Gelandang tengah : Schneiderlin, Fellaini

Gelandang sayap kiri : Martial

Gelandang sayap kanan : Mata

Gelandang serang : Rooney

Penyerang tengah : Rashford

Everton (4-3-3)

Pelatih: Roberto Martinez

Penjaga gawang : Robles

Bek tengah : Mori, Stones

Bek sayap kiri : Conolly

Bek sayap kanan : Coleman

Gelandang tengah : Gibson, Barkley, Osman

Gelandang sayap kiri : Mirallas

Gelandang sayap kanan : Deulofeu

Penyerang tengah : Lukaku

(red/ris/ahyudianto/AW)

loading...

Comments

comments!