AMPUH: Wadah Kolaborasi Wirausahawan Digital

redaksi.co.id - AMPUH: Wadah Kolaborasi Wirausahawan Digital Gerakan Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) dinilai memunculkan harapan bagi entreprenuer muda Indonesia untuk bisa berkembang. Terutama di sektor...

13 0

redaksi.co.id – AMPUH: Wadah Kolaborasi Wirausahawan Digital

Gerakan Anak Muda Punya Usaha (AMPUH) dinilai memunculkan harapan bagi entreprenuer muda Indonesia untuk bisa berkembang. Terutama di sektor ekonomi kreatif berbasis digital.

Koordinator Indonesia Entrepreneurship Initiative (IEI), Mirwan Suwarso mengatakan, pada dekade 90-an pola pikir anak-anak sudah dibentuk sedemikian rupa agar mengikuti sistem dan jenjang karir konvensional. Namun seiring berkembangnya teknologi, wirausaha menjadi pilihan yang semakin terjangkau bagi kaum muda.

Banyak anak muda yang ingin berwirausaha tapi tidak tahu harus memulai dari mana. Dengan adanya Gerakan AMPUH ini bisa dijadikan wadah anak muda untuk saling berbagi dan berkonsultasi dengan pengusaha yang sudah sukses. Semangatnya adalah kolaborasi dan sama-sama untung. Wirausaha harus menjadi sebuah gerakan, kata Mirwan di Jakarta, Kamis (21/4).

Menurutnya, Gerakan AMPUH ini akan bisa membantu terkoneksinya komunitas-komunitas anak muda kreatif dengan perusahaan-perusahaan besar atau calon investor yang bisa diajak kerja sama khususnya dalam mengembangkan ekonomi digital.Kerja sama yang kolaboratif dan sama-sama untung di sektor ekonomi digital bisa memberikan kontribusi untuk memajukan ekonomi nasional, ujarnya.

Mirwan dan IEI mengambil contoh aplikasi yang dibuatnya secara kolaboratif bersama sejumlah anak-anak muda kreatif di bidang IT dan bisnis olah raga. Aplikasi tersebut bernama Super Soccer TV. Super Soccer TV memiliki hak siar Manchester United TV (MUTV) di Indonesia yang diunduh melalui smartphone atau gadget berbasis android dan IOS.

Sekali berlangganan MUTV ini kita dikenakan biaya Rp 200 ribu per tahun. Kami mengajak komunitas-komunitas wirausaha muda untuk memasarkan aplikasi ini dengan pembagian 50 : 50 dari hasil penjualan. Responnya luar biasa positif, jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk bisa ikut menjual aplikasi yang sudah merambah secara internasional ini, maka orang itu harus mendaftar di www.supersoccer.co.id. Dengan begitu, bagi anak muda yang ingin punya usaha dan tidak punya modal bisa membuka usaha melalui Super Soccer TV ini. (dil/)

(red/ijayanto/W)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!