Yamaha Fokus kepada Rossi

redaksi.co.id - Yamaha Fokus kepada Rossi Kepergian Jorge Lorenzo ke Ducati pada musim 2017 menegaskan tim Yamaha masih yakin Valentino Rossi bisa bersaing untuk merebut gelar...

15 0

redaksi.co.id – Yamaha Fokus kepada Rossi

Kepergian Jorge Lorenzo ke Ducati pada musim 2017 menegaskan tim Yamaha masih yakin Valentino Rossi bisa bersaing untuk merebut gelar juara MotoGP. Rossi tetap jadi andalan Yamaha baik musim ini maupun dua tahun berikutnya.

Sesaat sebelum ada konfirmasi hengkangnya Jorge Lorenzo ke Ducati pada Senin (18/4) lalu, Yamaha telah mengubah rencananya pada menit-menit terakhir.

Mereka juga memutuskan akan menghadirkan Lin Jarvis pada sesi konferensi pers resmi pada hari Kamis menjelang digelarnya balapan MotoGP Spanyol di sirkuit Jerez de la Frontera.

Ini merupakan hal yang langka, ketika ada bos tim MotoGP hadir bersama sejumlah pebalap di sesi jumpa pers Kamis. Ini sesuatu yang tentunya merupakan inisiatif dari tim Yamaha, pabrikan Jepang.

Yang diinginkan Yamaha adalah berusaha untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang kepergian Lorenzo dan alasan kepergiannya. Ini mengisyaratkan kepergian Lorenzo dari Yamaha bukan perkara yang mudah.

Lorenzo, juara bertahan MotoGP telah memenangkan tiga gelar juara di Yamaha, dan dia masih jadi salah satu kandidat utama untuk bersaing jadi juara dengan Marc Marquez pasa musim 2016.

Pada titik ini, kesimpulan yang bisa ditarik adalah bahwa Yamaha telah memutuskan untuk fokus pada Valentino Rossi.

Hal ini didasarkan pada dua alasan yang juga memiliki titik temu. Valentino Rossi masih dianggap sebagai pebalap yang masih bisa menjadi juara dunia, atau dia dipilih Yamaha karena faktor popularitasnya. Aspek yang juga sangat penting dalam bisnis Yamaha.

Jarvis masih tetap yakin bahwa dengan menandatangani kontrak perpanjangan seorang pebalap atau mendatangkan pebalap baru perlu diperhitungkan soal kalkulasi keuntungan jangka panjang.

Sementara itu, Maverick Vinales, pebalap yang saat ini masih tercatat sebagai pebalap Suzuki adalah yang pilihan pertama Yamaha dalam daftar calon pebalap pengganti Lorenzo.

Marc Marquez tampaknya akan terus bersama Honda, Vinales adalah pebalap yang paling didambakan di antara tim MotoGP.

Selain itu, faktor dia berasal dari Spanyol juga menjadi faktor yang relevan untuk hubungan Yamaha dengan sponsor utama Movistar.

Namun, tidak mudah menggaet Vinales dari Suzuki. Ada beberapa kendala. Pebalap yang biasa disapa “Mack” itu masih terkait dengan Suzuki, di mana ia merasa nyaman di tim itu dan dia juga memiliki tawaran yang sangat baik untuk tinggal di tim Suzuki setelah 2016.

Suzuki yang punya markas di House of Hamamatsu menawarkan dia perlakuan istimewa dan itu sesuatu yang layak dipertimbangkan, terutama karena dia punya alternatif lain, kesempatan berbagi garasi dengan Rossi bersama Yamaha. Saat ini Rossi telah “menyingkirkan” Lorenzo di Yamaha.

Situasi di Yamaha menimbulkan beberapa pertanyaan, karena Yamaha membiarkan pebalapnya pergi. Mereka telah memiliki dua pebalap yang menjamin hasil yang baik dan juga memberikan pengaruh bagus pada penjualan.

Dengan hengkangnya Lorenzo, mereka berspekulasi mendatangkan Vinales, pebalap berusia 21 tahun yang bahkan belum pernah memenangkan satu kali podium pun di ajang MotoGP.

Artikel Menarik Lainnya:

Klub-klub Favorit Keluarga Kerajaan

Erick Thohir Bertemu FIFA

Atlet Plaboy Mengaku Kencani 650 Wanita

Courtois Ungkapkan Minatnya Gabung Real Madrid

Pegulat Cantik Terbujur Kaku di Rumahnya, Fans Pun Sedih

(red/urista/urnamasari/NP)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!