Tips Jitu Atur Pendapatan Bulanan

redaksi.co.id - Tips Jitu Atur Pendapatan Bulanan Bekerja merupakan kegiatan wajib yang bisa dibilang membosankan serta hanya memiliki 10 persen kesenangan, yakni saat tanggal pembagian gaji...

11 0

redaksi.co.id – Tips Jitu Atur Pendapatan Bulanan

Bekerja merupakan kegiatan wajib yang bisa dibilang membosankan serta hanya memiliki 10 persen kesenangan, yakni saat tanggal pembagian gaji tiba.

Namun bukan berarti aktivitas ini bisa ditinggalkan karena Anda membutuhkan 10 persen kesenangan dari bekerja tersebut untuk menyambung hidup. Tanpa bekerja, Anda tidak bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhan, apalagi keinginan.

Terkadang kita terlena saat sudah menerima gaji. Kita berusaha memenuhi kebutuhan dan ketika tak mampu mengontrol diri, segala keinginan kita penuhi karena merasa memiliki uang.

Pada akhirnya, uang tersebut tidak bisa menjangkau semua kebutuhan hingga akhir bulan dan perasaan tidak puas terhadap pekerjaan muncul karena kita menganggap pekerjaan kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Sesungguhnya, kebutuhan kita akan terpenuhi ketika kita merasa cukup dengan apa yang kita punya. Selain itu, pengaturan pengeluaran yang tepat akan membantu kita mendapatkan kebutuhan tanpa harus mengalami fase kehabisan uang dan harus berpuasa dalam beberapa hari di akhir bulan.

Karena itu, ini tips dan cara jitu yang bisa Anda terapkan untuk melakukan pengeluaran bulanan.

1. Prioritas

Tidak ada yang bisa mengontrol keinginan Anda selain diri Anda sendiri. Anda bisa saja merasa selalu kurang dalam memenuhi kebutuhan dan tidak mampu memenuhi keinginan padahal pendapatan yang Anda punya mungkin tak seberapa dibanding dengan daftar keinginan yang tak berujung.

Buatlah daftar prioritas mengenai apa saja yang harus Anda penuhi, ketahui apa yang benar-benar kebutuhan Anda. Sisihkan ego untuk memenuhi keinginan, saat ini Anda harus mempersiapkan masa depan Anda dengan belajar mengatur keuangan pribadi.

2. Atur Pengeluaran Anda

Setelah Anda memiliki daftar prioritas mungkin Anda masih membanding-bandingkan antara produk satu dengan lainnya yang berbeda merek.

Pilihan apapun yang Anda jatuhkan, jangan sekadar melihat dari harga murah namun pertimbangkan juga manfaatnya. Bersikap hemat tidak sama dengan bersikap pelit. Kebutuhan ini adalah kebutuhan Anda, Anda yang memutuskan mana yang terbaik.

3. Selalu Catat Pengeluaran dan Buatlah Laporan Keuangan

Anda bukan robot yang memiliki daya ingat detail lengkap dengan tanggal beli, jam beli, hasil pertimbangan, mengapa membeli barang tersebut, harus membayar biaya parkir, dan lain-lain.

Selalu catat pengeluaran Anda sekecil apapun itu guna mengetahui alokasi biaya yang dirasa terlalu banyak atau terlalu sedikit sehingga pada periode berikutnya Anda bisa lebih membelanjakan secara adil sesuai prioritas.

4. Biasakan Menabung

Selalu sisihkan pendapatan Anda setiap bulan sebelum Anda membuat daftar prioritas kebutuhan yang harus Anda penuhi dengan belanja.

Jangan membiasakan diri menabung ketika Anda sudah memenuhi kebutuhan Anda karena menabung akan cenderung menjadi aktivitas tambahan bukan sebuah prioritas.

5. Mulailah Berinvestasi

Investasi yang Anda lakukan tak perlu investasi dalam jumlah besar. Cukuplah memiliki investasi kecil dalam bentuk emas yang bisa Anda simpan dan tunaikan dalam beberapa tahun lagi ketika harganya sudah naik.

Jika Anda merasa memiliki cukup dana untuk berinvestasi dalam bentuk lain, investasi tanah bisa menjadi pilihan yang Anda gunakan untuk mengalokasikan pendapatan supaya tidak habis dalam bentuk pengeluaran bulanan saja.

6. Jangan Lupakan Dana Cadangan

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari dan bisa saja kita diharuskan mengeluarkan sejumlah dana untuk hal itu.

Selalu siapkan tabungan yang merupakan dana cadangan guna mengantisipasi kejadian tak terduga.

7. Selalu Ingat untuk Beramal

Beramal bukan hanya kegiatan yang menambah pahala kita, namun juga bisa mengingatkan kita bahwa apa yang kita terima dan miliki masih lebih daripada cukup dibandingkan dengan banyak orang tak mampu di luar sana.

Pola pikir ini akan membentuk keyakinan kita bisa mengatur keuangan dengan lebih dulu memenuhi kebutuhan prioritas, bukan keinginan.

Kontrol Diri Anda, Karena Keinginan Tidak Pernah Cukup

Tidak ada rasa cukup ketika kita selalu memandang apa yang dimiliki orang lain. Kita selalu merasa kurang dan kurang karena sifat kita yang tidak pernah puas.

Jadi di samping tips dan sudah diterapkan, Anda juga harus memiliki pola pikir yang menyatakan diri Anda sudah sangat dicukupi dengan pendapatan yang Anda raih dari hasil bekerja.

Pola pikir untuk merasa cukup tersebutlah yang akan membantu Anda mengontrol diri untuk melakukan pengeluaran yang tak perlu. (Ahm/Nrm)

Artikel Menarik Lainnya:

Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Pembocor Data Tax Amnesty Bisa Kena Pidana

10 Penemuan Harta Karun Emas Paling Spektakuler

7 Anak Paling Berpengaruh di Dunia

Foto Ciuman Al Ghazali dan Alyssa Daguise

(red/hmad/yaiku/AS)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!