Deddy Mizwar: Jangan Usir Warga Miskin Jakarta ke Jabar

105

redaksi.co.id – Deddy Mizwar: Jangan Usir Warga Miskin Jakarta ke Jabar

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, mengatakan tidak ada dampak langsung dari reklamasi pantai utara Jakarta ke provinsi Jawa Barat.

Namun, dia khawatir dengan tergusurnya masyarakat miskin dari Jakarta yang bisa berpindah ke Jawa Barat.

“Jangan mengusir orang miskin dari Jakarta karena pasti larinya ke Jawa Barat,” kata Deddy, saat melakukan rapat dengan pendapat dengan Komisi VII DPR RI, RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/4).

Selain itu, pembangunan reklamasi berpengaruh dalam bentuk matrial yang berdampak pada lingkungan di Jabar. Ia mencontohkan, di Bogor di daerah Cigudeg, Rumpin, terjadi penambangan pasir.

“Kemarin saya kumpulkan 105 pengusaha tambang di Jabar. Ternyata 80 persen mengirimkan hasil tambang untuk reklamasi Jakarta. Jadi harus dipikirkan secara menyeluruh, jangan hanya memindahkan bencana DKI ke Jabar,” ujarnya.

Meski, pada dasarnya ia tidak keberatan atas reklamasi, karena sebenarnya karena itu lahan amal bagi Pemprov. Tapi, pembangunan reklamasi harus tetap mengacu pada undang-undang yang ada.

Hari ini, giliran Komisi VII yang melakukan rapat guna membahas proyek reklamsi Teluk Jakarta. Selain Deddy Mizwar, hadir juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Sekda Banten.

Sebab, Siti Nurbaya sebelumnya menyatakan reklamasi ini telah mencapai Kabupaten Tangerang dan Bekasi.

(red/udianto/R)

loading...

Comments

comments!