Yayasan Permata Sari Bekerja Sama dengan PT Semen Indonesia Gelar Operasi Gratis Sumbing Bibir

REMBANG Redaksi.co.id Sebanyak 15 penderita sumbing bibir dan langit langit dari kabupaten Rembang dan Bloramendapat operasi gratis. Kegiatan bhakti sosial operasi...

83 0

REMBANG Redaksi.co.id Sebanyak 15 penderita sumbing bibir dan langit langit dari kabupaten Rembang dan Bloramendapat operasi gratis. Kegiatan bhakti sosial operasi sumbing bibir dan langit langit gratis tersebut dilaksanakan oleh Yayasan Permata Sari Semarang bekerja sama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Tenaga Kerja Sosia Kemasyarakatan (TKSK), Perhutani KPH Mantingan dan KPH Kebon Harjo Sale.

Operasi dipimpin langsung oleh Dokter Spesialis Bedah Plastik Dr Karsono dilaksanakan dir ruang operasi Rumah Sakit Islam Arafah Sabtu (11 April 2015).

Direktur RSI Dr Nowohadi Tjitro Suwitro mengatakan, operasi bibir sumbing dilakukan oleh empat orang dokter ini merupakan kegiatan yayasan Permata Sari yang digelar secara rutin setiap tahun di sejumlah daerah.

Untuk penderita bibir sumbing yang menjalani operasi hari ini totalnya ada 15 orang penderita baik penderita sumbing bibir maupun langit langit. Adapun rinciannya masing-masing empat balita delapan anak-anak dan tiga dewasa. Sebelumnya, saat pendaftaran operasi yang digelar tercatat 22 orang pendaftar, namun saat operasi akan dilakukan, tujuh orang di antaranya mengundurkan diri karena berbagai alasan,terangnya.

Menurut Nowo, penderita sumbing bibir dan langit-langit dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan dan kekurangan gizi. Mereka yang bisa dioperasi hanya yang sudah berumur di atas dua bulan dan kurang dari 60 tahun.

“Kalau balita memang harus di atas dua bulan. Pertimbangannya di berat badan. Sementara kalau sudah lebih dari 60 tahun, sudah terlalu tua. Buat apa,” tandas dia.

Sumarni (50), nenek dari salah satu pasien sumbing bibir asal Japah Kabupaten Blora mengaku mengetahui ada operasi bibir sumbing gratis dari kepala desanya. Ia mengaku senang sekaligus lega cucunya bernama Namiroh Lafiroh berusia 6 Bulan bisa dioperasi tanpa biaya selain itu.

Ia juga mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh dokter. dan semua pihak pihak yang telah membantunya.

Kami berharap kegiatan sosial ini sering ada di wilayah rembang dan sekitarnya karena kegiatan sosial ini sangat membatu warga kurang mampu seperti kami,ungkapnya.

Sementara itu Humas PT Semen Indonesia Parnno Saverilah mengatakan, sebagai bentuk kepedulian sesama PT Semen Indonesia mengucurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR untuk kegiatan sosial tersebut.

“Kita peduli terhadap isu kesehatan seperti operasi katarak dan sumbing bibir serta langit-langit,” ujar Parno.(Hasan)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!