Korea Utara Gelar Kongres Partai Setelah 36 Tahun

redaksi.co.id - Korea Utara Gelar Kongres Partai Setelah 36 Tahun Korea Utara mengumumkan akanmenyelenggarakan kongres partai yang sudah hampir empat dekade tidak dilakukan, pada 6 Mei...

30 0

redaksi.co.id – Korea Utara Gelar Kongres Partai Setelah 36 Tahun

Korea Utara mengumumkan akanmenyelenggarakan kongres partai yang sudah hampir empat dekade tidak dilakukan, pada 6 Mei 2016 mendatang.

Kongres yang terakhir dilakukan pada tahun 1980 itu, akan berlangsung di tengah meningkatnya kekhawatiran aksi Pyongyang membuka pertemuan itu dengan meluncurkan nuklir percobaan kelima.

Dikutip dari Telegraph.co.uk, Rabu (27/4/2016), antisipasi akan terjadinya hal-hal yang tidak mengenakkan meningkat semenjak Korut mengutarakan tujuan pembentukan senjata nuklir pada Oktober 2015.

Kim Jong-un didugamemanfaatkan acara tersebut untuk memperkuat posisinya sebagai pimpinan tertinggi dan membangun reputasi sebagai orang yang berhasil mendorong programnuklir negaranya menuju puncak kejayaan.

Belum ada perincian yang lebih detail di dalam perencanaan, namun para petinggi negara akan meneliti dengan cermat setiap perubahan inti kebijakan.

Tanggal pelaksanaan kongres sebenarnya merupakan rahasia yang dijaga ketat, sebelum akhirnya diumumkan Rabu (27/4/2016) oleh komite pusat partai berkuasa, politbiro.

Politbiro menyatakan kongres partai akan dilaksanakan pada 6 Mei mendatang, namun tidak mengatakan berapa lama kongres tersebut akan berlangsung.

Kongres terakhir pada tahun 1980 berlangsung selama empat hari.

(red/usland/argarito/RM)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!