Telat Lapor, KPPU Denda LG International Rp 8 miliar

redaksi.co.id - Telat Lapor, KPPU Denda LG International Rp 8 miliar Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp 8 miliar pada LG International...

17 0

redaksi.co.id – Telat Lapor, KPPU Denda LG International Rp 8 miliar

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp 8 miliar pada LG International Corp. Pabrikan elektronik asal Korea Selatan itu terlambat melaporkan pengambil alihan saham PT Binsar Natorang Energi. “Denda ini harus disetor ke kas negara sebagai setoran pendapatan denda di bidang persaingan usaha,” Ketua majelis hakim KPPU, Kamser Lumbanraja saat dihubungi, Rabu 27 April 2017.

Selain Kamser, anggota majelis dalam Perkara No. 16/KPPU-M/2015 ini adalah Sukarmi, dan Chandra Setiawan. Putusan dibacakan pada Selasa 26 April 2016, kemarin. Adapun objek perkara ini adalah Keterlambatan Pemberitahuan Pengambilalihan Saham PT Binsar Natorang Energi oleh LG International Corp kepada KPPU. Sebagaimana diatur dalam Pasal 29 ayat (1) dan (2) Undang-undang No. 5 Tahun 1999 juncto Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2010. Kamser menyebut, nilai aset gabungan dalam pengambilalihan saham PT. Binsar Natorang Energi oleh LG International Corp mencapai Rp 3,82 triliun.

Sementara nilai penjualan gabungannya mencapai Rp 5,31 miliar. Dengan demikian, batasan nilai pengambilalihan saham telah memenuhi batasan (threshold) sebagaimana diatur dalam Pasal 6 (2) PP No. 57/2010 yang menyatakan bahwa suatu transaksi akuisisi akan diadakan Penilaian apabila: (a) asset gabungan dari transaksi ini melebihi Rp. 2,5 triliun rupiah dan atau (b) omset gabungan melebihi Rp. 5 triliun.

Berdasarkan kesimpulan investigator terdapat keterlambatan pemberitahuan penggabungan, peleburan dan pengambilalihan kepada KPPU. LG International Corp. terlambat melakukan pemberitahuan pengambilalihan saham PT. Binsar Natorang Energi selama 20 (dua puluh) hari kerja.

(red/ovi/riawan/NT)

In this article

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!