KAI Operasikan 4 Kereta Super Eksekutif Sebelum Lebaran

434

redaksi.co.id – KAI Operasikan 4 Kereta Super Eksekutif Sebelum Lebaran

PT Kereta Api Indonesia(Persero) kembali meningkatkan kapasitas angkut penumpangnya pada 2016. Salah satu yang dilakukan yaitu dengan melakukan penambahan pengoperasian rangkaian kereta jarak jauh.

Rangkaian baru yang akan dioperasikan yaitu untukkelas eksekutif (K1) sebanyak empat rangkaian kereta. Empat rangkaian ini akan dioperasikan sebelum musim mudik lebaran 2016.

VP Public Relation KAI Agus Komarudin mengungkapkan empat rangkaian kereta eksekutif baru ini berbeda dengan rangkaian kereta eksekutif yang selama ini dioperasikan KAI.

“Ini punya teknologi baru, bogienya baru, jadi kecepatan bisa lebih tinggi, lalu juga akan ada wifi di gerbong nantinya,sebenarnya dulu sudah dicoba diterapkan, namun tidak berlanjut, nanti kita pasang di KA baru ini,” kata Agus saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (26/4/2016).

Mengingat memiliki fasilitas yang lebih lengkap ini, maka kereta ini bisa dikatakan kereta super eksekutif.Dengan teknologi yang baru ini KA super eksekutif ini mampu melaju hingga 120 kilometer per jam. Ini sedikit lebih cepat jika dibandingkan rangkaian kereta biasa yang rata-rata kecepatan hanya 90 km/jam.

Tidak hanya itu, kelebihan dari gerbong kereta baru ini juga dibuat dengan menggunakan bahan yang lebih ringan dan diklaim lebih kedap suara. Jika berada di dalam gerbong ini serasa di pesawat terbang.

“Empat kereta baru itu sudah masuk dalam 19 kereta tambahan yang akan kita operasikan dalam menghadapi mudik lebaran nanti,” ujar Agus.

Agus menambahkan, empat rangkaian kereta baru ini direncanakan digunakan untuk KA Argo Dwipangga relasi Jakarta-Solo, KA Argo Lawu relasi Solo-Jakarta, KA Bima relasi Jakarta-Malang dan KA Argo Anggrek relasi Jakarta-Surabaya.

Berikut ini spesifikasinya kecanggihanKA super eksekutif baru KAI:

– Produksi PT INKA 2016

– Spesikasi K1014 sudah menerapkan teknologi air suspension, sehingga lebih nyaman, kedap suara, tahan goncangan dan tak terasa saat melintas di rel.

– Dilengkapi dengan jendela yang lebih lebar dan mampu menahan panasnya sinar matahari.

– Kapasitas penumpang 450 belum termasuk kru.

– Dilengkapi dengan fasilitas mushola.

– Fasilitas free wifi, audio visual dan tersedia kursi khusus difabel

– Tampat duduk lebih empuk dan longgar. Jarak tiap tempat duduk 1,3 meter. Sandaran kaki yang rileks.

– Tiap tempat duduk dilengkapi stop kontak listrik.

– Menerapkan bogie (kaki-kaki roda) baru, sehingga mampu menempuh kecepatan 120 KM/jam. (Yas/Ahm)

(red/ramanta/utra/amungkas/BPP)

loading...

Comments

comments!